ADVERTISEMENT

Mau Nonton MotoGP di Mandalika Naik Bus AKAP? Ini Pilihan PO dan Harga Tiketnya

Luthfi Anshori - detikOto
Rabu, 19 Jan 2022 14:56 WIB
Sejumlah penumpang hilir mudik beraktivitas di Terminal Pulogebang, Jakarta. Mereka manfaatkan momen libur nataru untuk melakukan perjalanan ke luar kota.
Mau nonton MotoGP di Mandalika naik bus AKAP? Ini pilihan PO dan harga tiketnya. Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Indonesia dipastikan menggelar MotoGP di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, pada Maret 2022. Bagi pecinta otomotif di Pulau Jawa yang ingin menyaksikan langsung MotoGP Mandalika, bisa memanfaatkan transportasi bus untuk menuju ke sana. Berikut pilihan PO dan harga tiketnya.

Sirkuit Mandalika akan menggelar tes pramusim MotoGP 2022 pada Februari dan menggelar race MotoGP 2022 pada tanggal 18-20 Maret 2022. Bagi kamu yang mau menonton langsung balap motor level tertinggi itu tentunya harus membeli tiketnya mulai sekarang, supaya tidak kehabisan.

Selain tiket MotoGP Mandalika 2022, hal lain yang perlu diperhatikan tentunya adalah akomodasi menuju ke Lombok. Pilihannya bisa menggunakan pesawat terbang atau jika kamu punya banyak waktu luang, tak ada salahnya touring langsung ke sana menggunakan mobil maupun motor.

Jika dua pilihan moda transportasi tersebut tidak masuk dalam rencana kamu, opsi lainnya bisa menggunakan transportasi bus AKAP atau Antar Kota Antar Provinsi. Cukup banyak pilihan PO (Perusahaan Otobus) yang menawarkan layanan bus AKAP lintas pulau dari Jawa ke Nusa Tenggara Barat.

Mengutip salah satu situs penjualan tiket bus online, ada beberapa PO yang menawarkan trayek dari Jakarta ke Mandalika. Antara lain Tiara Mas, lalu Rasa Sayang, dan Safari Dharma Raya.

Sebagai gambaran, jarak dari Jakarta (Terminal Pulogebang) ke Mandalika (Terminal Mandalika) sekitar 1.293 km, dengan estimasi waktu tempuh 22 jam 6 menit. Untungnya tiga PO tersebut menawarkan kelas executive AC dengan konfigurasi jok 2 + 2, sehingga penumpang dipastikan bakal nyaman.

Ajang World Superbike sukses digelar di sirkuit Mandalika Lombok NTB pada November lalu. Di bulan Maret 2022, sirkuit kebanggaan Indonesia itu bakal masuk dalam kalender MotoGP 2022. Mandalika terus berbenah.MotoGP Mandalika 2022 digelar bulan Maret Foto: Rachman_punyaFOTO

Karena perjalanan dari Jakarta ke Mandalika butuh waktu sekitar 2-3 hari memakai bus, maka kamu harus berangkat lebih awal ke sana. Misalnya MotoGP Mandalika digelar mulai 18 Maret, maka bisa pilih perjalanan mulai tanggal 11 Maret.

Untuk harga tiketnya sendiri, Tiara Mas dibanderol Rp 550 ribu dengan keberangkatan dari Terminal Kalideres (17.30 WIB) dan finis di Terminal Mandalika dengan estimasi waktu tempuh 46 jam 30 menit. Adapun fasilitasnya antara lain servis makan, toilet, selimut, lampu baca, televisi, port USB, dan snack.

Kemudian untuk PO Safari Dharma Raya harga tiketnya Rp 780 ribu dengan keberangkatan dari Terminal Lebak Bulus (15.00 WIB) lalu finis di Terminal Mandalika dengan estimasi perjalanan 36 jam. Adapun fasilitas yang ditawarkan yakni servis makan, toilet, port USB, snacks, televisi, air mineral, selimut, serta lampu baca. Tak hanya itu, penumpang PO Safari Dharma Raya juga bisa mengubah jadwal perjalanan, 3 jam sebelum waktu keberangkatan.

Terakhir, untuk PO Rasa Sayang, harga tiketnya Rp 650 ribu dengan titik keberangkatan Terminal Pulogebang (16.00 WIB) dan finis di Terminal Mandalika dengan estimasi waktu 45 jam. Adapun fasilitas yang didapat konsumen jika naik bus ini antara lain servis makan, toilet, televisi, dan lampu baca.

Jarak dari Terminal Mandalika Mataram ke Sirkuit Mandalika sendiri cukup dekat, yakni sekitar 48,6 km atau 1 jam 3 menit perjalanan. Kamu bisa memakai alat transportasi lokal untuk menuju lokasi penginapan dekat Sirkuit Mandalika.

(lua/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT