Jakarta PPKM Level 2, Jam Operasional Transjakarta Disesuaikan Kembali

Tim detikcom - detikOto
Jumat, 07 Jan 2022 10:52 WIB
Pemprov DKI tak lagi batasi jumlah penumpang di dalam transportasi umum usai Jakarta terapkan PPKM level 2. Meski begitu, warga tetap diimbau terapkan prokes.
Ilustrasi Transjakarta Foto: ANTARA FOTO/Aprillio Akbar
Jakarta -

Masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) diperpanjang di sejumlah wilayah di Indonesia. DKI Jakarta naik kembali statusnya, menjadi PPKM Level 2.

Pada masa PPKM Level 2 ini, Transjakarta menyesuaikan jam operasionalnya menjadi dari pukul 05.00 WIB hingga 21.30 WIB. Sedangkan untuk Angkutan Malam Hari (AMARI) mulai beroperasi dari pukul 21.31 WIB hingga pukul 22.30 WIB. Jam operasional baru ini mulai berlaku per hari ini, Jumat (7/1/22).

Ketentuan ini tertuang dalam Surat Keputusan Nomor 485 Tahun 2021 yang diterbitkan oleh Dinas Perhubungan DKI Jakarta. Surat itu memuat petunjuk teknis (juknis) pengaturan kapasitas angkut dan waktu operasional sarana transportasi pada masa PPKM Level 2.

Meskipun status PPKM meningkat dari Level 1 ke Level 2, sesuai dengan anjuran yang dikeluarkan pemerintah, kapasitas penumpan Transjakarta tetap 100 persen.

Lebih lanjut, kebijakan ini merupakan tindak lanjut dari Keputusan Gubernur (Kepgub) Gubernur DKI Jakarta Nomor 1421 Tahun 2021 tentang PPKM Level 2 Corona Virus Disease 2019 dan Surat Keputusan (SK) Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Jakarta Nomor 485 Tahun 2021 tentang Petunjuk Teknis Pengaturan Kapasitas Angkut dan Waktu Operasional Sarana Transportasi Pada Masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 2 Corona Virus Disease.

"Dan sesuai SK Kadishub DKI Jakarta Nomor 3 Tahun 2022, seluruh pelanggan Transjakarta wajib menunjukkan sertifikat vaksin Covid-19 untuk dapat mengakses seluruh layanan Transjakarta, baik melalui aplikasi Jaki, PeduliLindungi, dan/atau sertifikat vaksin yang dikeluarkan oleh lembaga yang berwenang," tulis Transjakarta di unggahan Instagram resmi yang mereka unggah pada Kamis (6/1/21).

[Gambas:Instagram]





Simak Video "Mal Buka 75 Persen, Ini Aturan Lengkap PPKM Level 2 di Jabodetabek"
[Gambas:Video 20detik]
(mhg/lth)