Satu Lagi Mobil Listrik Murah dari China Disapa FengGuang Rp 71 Jutaan

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Senin, 03 Jan 2022 16:56 WIB
Mobil listrik murah China DongFeng disapa FengGuang.
Mobil listrik FengGuang Foto: dok. DongFeng
Jakarta -

Perkembangan mobil listrik semakin gencar dilakukan oleh produsen otomotif. Setelah muncul mobil listrik murah Wuling Hongguang Mini EV, kini satu merek lain ikut terjun menjual mobil EV murah meriah, yakni Dongfeng.

Dilansir dari Carscoops, pabrikan otomotif asal China itu meluncurkan FengGuang Mini EV. Mobil EV ini hadir untuk menjawab kebutuhan konsumen yang ingin memiliki kendaraan listrik dengan harga murah.

Tapi, jika melihat sekilas desainnya, FengGuang Mini EV ini mirip sekali dengan Wuling Hongguang Mini EV yang sudah diluncurkan sejak beberapa bulan lalu.

Apabila dibandingkan dengan mobil EV murah milik Wuling, secara keseluruhan hampir memiliki desain yang identik. Mulai dari penggunaan roda berukuran kecil hingga garis pada spakbor yang sangat menyerupai di antara keduanya.

Namun desainnya tidak menjiplak begitu saja, ada beberapa sentuhan yang berbeda seperti trim hitam di bemper depan, grill lebih lebar, pintu yang dipahat, garis jendela, hingga lampu belakang yang menyatu dengan potongan trim hitam memanjang.

Mobil listrik murah China DongFeng disapa FengGuang.Mobil listrik murah China DongFeng disapa FengGuang. Foto: dok. DongFeng

Mengenai ukurannya, mobil listrik kompak Dongfeng memiliki panjang 2.995 mm, lebar 1.495 mm, tinggi 1.640 mm, serta jarak sumbu rodanya sebesar 1.960 mm. Angka tersebut menunjukkan jika FengGuang Mini EV sedikit lebih besar daripada Hongguang Mini EV.

Mengenai spesifikasinya, FengGuang Mini EV menggunakan motor listrik tunggal yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 34 hp (25 kW), angka itu lebih dari cukup untuk digunakan di dalam perkotaan. Jika dibandingkan dengan Wuling, Dongfeng lebih unggul sebab Hongguang Mini EV hanya memiliki tenaga sebesar 27 hp (20 kW).

Sayangnya, Dongfeng belum memberikan informasi detail mengenai kapasitas baterai serta kecepatan maksimalnya. Sementara untuk Hongguang Mini EV mengusung baterai kompak 13,8 kWh yang dapat menempuh kecepatan maksimal hingga 100 km per jam.

Rencananya mobil listrik Dongfeng FengGuang Mini EV baru diluncurkan pada kuartal pertama 2022. Soal harga, mobil EV kompak ini diprediksi punya banderol sekitar US$ 5.000 atau setara Rp 71 jutaan.

Dibandingkan dengan Wuling, mobil listrik murah Dongfeng memang sedikit lebih mahal. Di China, mobil listrik mungil Hongguang Mini EV dijual mulai US$ 4.500 atau sekitar Rp 64 jutaan.



Simak Video "Bakal Masuk Indonesia, Mobil Listrik Murah Meriah Wuling Terlaris di China"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/rgr)