Hyundai Staria Dites Tabrak, Dapat Level Paling Tinggi Bintang 5

Luthfi Anshori - detikOto
Senin, 27 Des 2021 13:25 WIB
Jakarta -

Hyundai Staria telah melakukan pengetesan tabrak oleh Australasian New Car Assessment Program (ANCAP). Lalu seperti apakah hasilnya? Apakah mobil MPV mewah ini aman digunakan?

Hyundai Staria sudah dipasarkan di sejumlah negara, termasuk Indonesia dan Australia. Dan baru-baru ini, Hyundai Staria melakukan uji coba tabrakan yang dilakukan oleh ANCAP. Hasilnya, Hyundai Staria mendapatkan rating keamanan tertinggi, bintang lima.

Dalam hal keselamatan untuk penumpang dewasa, mobil ini mendapat skor 85 persen. Staria tampil cukup baik di semua prosedur pengujian tabrakan. Kabin tetap stabil saat terkena benturan. Pada tes benturan frontal-offset, perlindungan mobil ini cukup baik, sehingga bisa memberi perlindungan bagi kepala, kaki, dan dada pengemudi maupun penumpang.

Kemudian untuk dampak frontal-full width, perlindungan yang baik ditawarkan kepada pengemudi, tetapi hanya sedikit perlindungan yang ditawarkan kepada penumpang belakang.

Perlindungan benturan samping juga bagus, tetapi dalam kasus oblique pole testing, penumpang mendapatkan perlindungan yang lemah di bagian dada. Lanjut pada benturan belakang/whiplash, perlindungan memadai ditawarkan di baris ke-1 dan ke-2.

Selanjutnya untuk aspek keselamatan penumpang anak, Hyundai Staria mampu mencetak skor 86 persen. Kursi anak diperbaiki dengan fitur jok ISOFIX. Mobil ini mampu memberikan perlindungan yang baik untuk semua bagian tubuh penumpang anak, baik dalam pengujian frontal dan side-impact.

Dalam hal safety assist, mobil ini dilengkapi dengan seat belt reminder, driver monitoring system, Speed Assistance System, dan Lane Support Systems, termasuk Autonomous Emergency Braking Car-to-Car dan Vulnerable Road Users, serta mendapatkan Blind Spot Monitoring sebagai standar pada semua varian.

(lua/rgr)