Libur Nataru 2021 Siang Ini Tol Cikampek Masih Lowong

Tim Detikcom - detikOto
Jumat, 24 Des 2021 15:18 WIB
Lalu lintas di Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) ramai meski masih pandemi. PT Jasa Marga (Persero) Tbk bahkan mencatat volume lalu lintas di tol itu meningkat
Ilustrasi Tol Cikampek Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Diprediksi akan ada peningkatan arus kendaraan pada libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) per hari ini 24 Desember 2021. Meski demikian dalam pantauan detikOto, hingga siang tadi belum ada lonjakan arus kendaraan.

Berdasarkan Twitter TMCPoldaMetroJaya, pada pukul 13.10 WIB situasi arus lalu lintas di KM 10 Tol Jakarta-Cikampek terpantau ramai lancar.



DetikOto pun coba melihat langsung aplikasi googlemap, dan benar warna hijau yang menandakan tidak ada arus kemacetan tidak terlihat sama sekali.

Situasi tol Cikampek 24 Desember 2021 pukul 13.00 WIBSituasi tol Cikampek 24 Desember 2021 pukul 13.00 WIB Foto: googlemap

Hingga saat ini detikOto terus melakukan konfirmasi melalui Korlantas Polri dan pihak Jasa Marga, namun belum mendapat jawaban.

Dalam pemberitaan detikOto sebelumnya, diprediksi pada libur Nataru 2021 akan ada pelonjakan kendaraan terutama roda dua. Seperti yang disampaikan Pengamat transportasi Djoko Setijowarno, dirinya memprediksi pada libur Natal dan tahun baru kali ini, moda yang paling banyak dipilih untuk digunakan adalah sepeda motor 28,5 persen atau sebanyak 3,1 juta orang akan menggunakan sepeda motor.

Sedangkan penggunaan mobil pribadi mencapai 23,3 persen atau 2,5 juta orang akan menggunakan mobil. Selanjutnya moda transportasi bus mencapai 13,2 persen atau mencapai 1,4 juta orang akan menggunakan bus, sedangkan pesawat sekitar 9,8 persen atau mencapai 1,1 juta orang akan menggunakan pesawat untuk bertransportasi selama Nataru, terakhir penggunaan moda transportasi kereta api mencapai 9,7 persen atau bakal ada 1 juta orang akan menggunakan kereta api.

Selanjutnya Djoko menjelaskan berdasarkan survei Pusat Penelitian dan Pengembangan Transportasi Jalan dan Perkeretaapian Balitbang Perhubungan, puncak pergi masyarakat pada liburan Natal pada 24 Desember 2021 sebesar 7,8 persen, dan juga 25 Desember sebesar 7,2 persen. Puncak pergi pada liburan tahun baru pada Jumat 31 Desember 2021 sebesar 8,6 persen.



Simak Video "Kapolda Jabar Pastikan Tak Ada Penyekatan Jalan Saat Nataru"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)