PO ANS Rilis Armada Baru, Dilengkapi Mini Bar Mewah

Tim detikcom - detikOto
Kamis, 23 Des 2021 16:18 WIB
Armada baru PO ANS memiliki fasilitas mini bar
Foto: Dok. Morodadi Prima. Armada baru PO ANS memiliki fasilitas mini bar.
Jakarta -

PO ANS (Anas Nasional Sejahtera) kembali merilis armada baru untuk melayani penumpang yang hendak pergi dari Jawa ke Sumatra atau sebaliknya. Yang menarik, bus baru PO ANS ini memiliki interior lebih mewah dengan adanya mini bar atau mini cafe di dalamnya. Seperti apa penampakannya?

Seperti dilihat detikOto dalam unggahan di akun Instagram resmi @morodadiprima.karoseri, armada baru PO ANS ini masih tetap menggunakan bus single glass (kaca tunggal) buatan karoseri Morodadi Prima.

Dilihat sepintas, desain bus single glass baru PO ANS ini masih sama dengan bus single glass Morodadi Prima yang diserahterimakan pada April 2021 lalu. Meski begitu, ada sedikit perbedaan, karena pada model baru ini lampu sein dibuat menyatu dengan garnish chrome, sehingga lebih elegan.

Sementara jika dicermati pada bagian selendang maupun lampu belakang, desainnya masih mirip-mirip dengan model sebelumnya. Pun masih dibekali kaca spion konvensional yang bisa diatur posisinya secara elektris.

Lanjut geser ke bagian dalam, bus baru PO ANS yang menggunakan bodi Patriot ini tetap menggunakan konfigurasi jok 2+2. Dipasok oleh Rimba Kencana, jok penumpang bus ini berukuran cukup besar dengan paduan material kulit dan fabric. Desain jok juga dibuat supaya bisa 'memeluk' kepala penumpang. Makin nyaman karena jok ini juga sudah dibekali arm rest dan leg rest. Ambient light di langit-langit menambah nuansa mewah di bus ini.

Oiya, seperti bus-bus sebelumnya, bus baru PO ANS ini juga tetap dilengkapi penyekat yang memisahkan ruang pengemudi dan kru, dengan ruangan dari penumpang.

[Gambas:Instagram]


Geser ke bagian belakang, ternyata sudah dilengkapi mini bar atau mini cafe. Mini bar di bus ini bernuansa serba warna coklat, sehingga menambah kesan mewah. Di sini terdapat fasilitas tempat kopi, mini dispenser, juga heater, termasuk kursi bar yang unik. Selain itu, di belakangnya terdapat juga toilet yang tentunya hanya boleh digunakan untuk buang air kecil dalam kondisi bus sedang berjalan.

Bicara sasis, bus baru PO ANS ini menggunakan Mercedes-Benz OH 1626. Sasis ini menggunakan mesin berkapasitas 6.374 cc, OM 906 LA Euro 3 Diesel, 6-Silinder Segaris, Direct Injection, dengan Turbocharger dan Intercooler.

Mesin itu bisa menghasilkan tenaga 191 KW (260 dk) pada 2.200 rpm dan torsi puncak 950 Nm di rentang 1.200-1.600 rpm. Tenaga itu disalurkan melalui pilihan transmisi manual 6 percepatan atau transmisi otomatis 6 percepatan.

(lua/lth)