ADVERTISEMENT

Jalur Puncak Bakal Ditutup Total Saat Tahun Baru

Tim detikcom - detikOto
Kamis, 09 Des 2021 10:37 WIB
Sejumlah kendaraan memadati jalur wisata Puncak, Cipayung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (26/5/2021). Kepadatan  tersebut disebabkan tingginya volume kendaraan yang ingin berwisata ke kawasan Puncak Bogor pada libur Hari Raya Waisak. ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/aww.
Jalur Puncak akan ditutup saat tahun baru. Foto: ANTARA FOTO/YULIUS SATRIA WIJAYA
Jakarta -

Jalur Puncak, Bogor, Jawa Barat kemungkinan akan ditutup total saat Tahun Baru. Ini untuk pencegahan lonjakan mobilitas masyarakat saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Tahun sebelumnya, memang ada penutupan di jalur Puncak, Bogor, selama 12 jam sejak 31 Desember sore hari hingga 1 Januari. Kapolres Bogor AKBP Harun membeberkan rencana penutupan Jalur Puncak pada libur Nataru. Rencana penutupan ini dilakukan untuk menekan mobilitas warga saat libur panjang. Apalagi, di masa-masa liburan kasus positif COVID-19 berisiko naik.

"(Jalur puncak) bisa memungkinkan untuk ditutup total, sambil kita lihat hasil kebijakan pusat bagaimana," kata Harun dikutip Korlantas Polri.

Rencana kebijakan penutupan itu akan dilakukan selama 12 jam, mulai pada malam pergantian tahun hingga keesokan harinya.

"Secara teknisnya gimana, itu kita masih koordinasikan dengan Bogor Raya dan dengan pusat juga bagaimana penerapan aturannya. Nanti kita selaraskan," ucap Harun.

Menurut Harun, pihaknya juga sudah mengantisipasi dengan memberlakukan ganjil genap di jalur Puncak dan Sentul setiap akhir pekan.

"Sekarang saja sudah mulai kita antisipasi seperti biasanya penerapan gage setiap akhir pekan dan mungkin nanti akan kita tambahkan pos pengamanan terkait Nataru ini," ujarnya.

Sementara itu, Polres Cianjur akan memberlakukan sistem ganjil genap menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2022. Ini juga merupakan upaya mengendalikan mobilitas warga di kawasan Puncak-Cipanas.

Dikutip Antara, Kapolres Cianjur AKBP Doni Hermawan mengatakan pihaknya segera berkoordinasi dengan Satgas COVID-19 dan Pemkab Cianjur dalam pengamanan Natal dan tahun baru.

"Kami akan mendirikan beberapa cek pos dan pos pam di titik tertentu, meski tidak ada penyekatan, namun penerapan ganjil genap akan dilakukan sebagai upaya menekan mobilitas warga saat Natal dan tahun baru," katanya.

Ganjil genap diberlakukan untuk kendaraan dari luar kota dan tengah dibahas termasuk kendaraan pribadi dari dalam kota juga. Sehingga, saat libur Nataru tidak terjadi peningkatan volume kendaraan.

"Kami akan mengawasi mobilitas di kawasan Cipanas-Puncak dan sekitarnya karena daerah tersebut merupakan kawasan wisata yang sering dikunjungi warga dari berbagai wilayah saat natal dan tahun baru. Kami juga akan berkoordinasi dengan Polres Bogor dan Polres Sukabumi," katanya.

"Kita akan melakukan sejumlah rekayasa arus saat natal dan tahun baru, termasuk berkoordinasi dengan Polres Bogor dan Sukabumi, ketika harus melakukan sistem satu arah, sebagai solusi terjadinya macet total," ujarnya.



Simak Video "One Way Arah Jakarta Diberlakukan Lebih Cepat di Simpang Gadog "
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/lua)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT