ADVERTISEMENT

Ganjil Genap Depok: Kendaraan Diputar Balik, Jalan Alternatif Dikeluhkan Macet

Tim detikcom - detikOto
Senin, 06 Des 2021 09:30 WIB
Situasi lalu lintas di Jalan Margonda, Depok, Sabtu (4/12/2021) sore saat pemberlakuan uji coba ganjil genap.
Uji coba ganjil genap Depok. Foto: Nahda Rizki Utami/detikcom
Jakarta -

Akhir pekan kemarin telah dilakukan uji coba penerapan ganjil genap untuk kendaraan pribadi roda empat di Jalan Margonda Kota Depok, Jawa Barat. Ratusan kendaraan diputar balik pada uji coba ganjil genap di Depok.

Kasat Lantas Polres Metro Depok Kompol Jhoni Eka Putra mengatakan, pada hari pertama uji coba ganjil genap, Sabtu (4/12/2021), sekitar 320 kendaraan diputar balik. Jhoni membeberkan hasil evaluasi ganjil-genap. Ada kenaikan kecepatan di Jalan Margonda Raya. Namun di ruas jalan alternatif maupun di beberapa check point, justru terjadi penurunan kecepatan.

"Dari hasil pemantauan kinerja lalu lintas yang telah dilakukan pada ruas jalan yang menjadi kawasan rencana penerapan uji kebijakan ganjil-genap, memiliki kenaikan kecepatan rata-rata jaringan pada Jalan Margonda Raya, namun penurunan kecepatan terjadi di ruas jalan alternatif dan titik check point," ungkap Jhoni.

Diberitakan Antara, uji coba penerapan ganjil genap ini dikeluhkan warga. Imbas dari ganjil genap di Jalan Margonda Raya tersebut membuat jalan alternatif macet.

"Memang Jalan Margonda jadi lancar, tapi macetnya pindah ke jalan-jalan alternatif," kata salah seorang warga Depok Ade Putra dikutip Antara.

Ia berharap penerapan ganjil genap di Jalan Margonda dibatalkan karena tidak efektif untuk mengurangi kemacetan. "Kalau diterapkan sama saja memindahkan kemacetan. Depok kan bukan Margonda saja," katanya.

Uji coba ganjil-genap di Jalan Margonda Raya, Kota Depok, Jawa Barat, dimulai pada Sabtu (4/12) kemarin. Polisi mengatakan uji coba dilakukan sebagai bagian sosialisasi aturan kepada warga.

Uji coba ganjil genap di Jalan Margonda Raya dilaksanakan pada Sabtu dan Minggu. Uji coba ganjil-genap dimulai pukul 12.00 WIB sampai 18.00 WIB.

Uji coba ganjil-genap berlaku di sepanjang Jalan Margonda Raya mulai di kolong flyover UI sampai simpang Ramanda. Ganjil-genap di Jalan Margonda Raya berlaku hanya bagi kendaraan roda 4 atau lebih.

Menurut Jhoni, uji coba penerapan ganjil genap untuk sementara dilakukan pada tanggal 4, 5, 11, 12 Desember 2021 sampai dengan evaluasi kembali berdasarkan kinerja jaringan jalan.



Simak Video "Penampakan Lalin di Juanda Depok saat Ganjil Genap Diterapkan"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT