ADVERTISEMENT

Biar Tak Ada Kerumunan di Malam Tahun Baru, Polisi Akan Buat Jakarta Sepi

Tim detikcom - detikOto
Senin, 06 Des 2021 07:12 WIB
Crowd Free Night Artinya Apa? Siap-siap Berlaku di Jakarta Akhir Pekan
Ilustrasi jalan utama di Jakarta yang sepi Foto: ANTARA/RENO ESNIR
Jakarta -

Pemerintah tengah menyiapkan beberapa aturan yang akan membatasi mobilitas masyarakat pada saat libur Natal dan Tahun Baru. Salah satu solusi yang akan dilakukan oleh Polda Metro Jaya adalah dengan menggelar crowd free night (CFN).

Direktur Ditlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo mengatakan pihak Polda Metro Jaya tengah melakukan persiapan untuk mencegah mobilitas dan berkumpulnya masyarakat pada malam natal dan tahun baru.

"Untuk persiapan malam Natal dan tahun baru, rencananya tetap kita akan melaksanakan crowd free night. Kita akan buat Jakarta sepi di malam tahun baru, walaupun saat ini sedang PPKM," papar Sambodo di video NTMC Redaksi yang diunggah pada Minggu (5/12/21).

CFN sendiri akan dimulai dari pukul 24:00 hingga 04:00 WIB. Namun khusus untuk malam tahun baru CFN akan dimulai lebih awal, yakni sejak pukul 19:00 WIB.

"Tidak hanya Sudirman-Thamrin, tetapi tempat-tempat yang sering dijadikan acara perayaan pergantian tahun juga kita akan laksanakan crowd free night," lanjut Sambodo.

Sejumlah wilayah tercatat akan masuk ke dalam titik CFN. Adapun wilayah tersebut yang dikhawatirkan menjadi titik kumpul dan dijadikan tempat perayaan malam pergantian tahun. Diantaranya adalah Bundaran Hotel Indonesia, Taman Impian Jaya Ancol, Banjir Kanal Timur, Kemayoran, Kota Tua, dan Kawasan Kemang.

Sesuai namanya Crowd Free Night akan membuat kendaraan roda empat hingga roda dua tak dapat melintas di titik yang sudah ditetapkan. Tak hanya itu, massa juga dilarang berkumpul dan membuat kerumunan.

CFN bukan barang baru di Jakarta. Saat ini, CFN sudah diterapkan di empat kawasan di Jakarta. Crowd free night berlaku pada pukul 22.00-00.00 WIB dan 00.00-04.00 WIB di empat lokasi, setiap Jumat malam dan Sabtu malam serta malam libur tanggal merah.

Empat lokasi tersebut adalah:

- Jalan Sudirman-Thamrin
- Jalan Asia Afrika
- Kawasan Kemang
- Kawasan SCB

"Kenapa empat kawasan ini, karena empat kawasan inilah yang beberapa minggu kemarin sampai dengan malam ini, malam Minggu kemarin yang berpotensi banyak terdapat pelanggaran-pelanggaran protokol kesehatan," kata Sambodo.

Kawasan Sudirman-Thamrin dan Asia Afrika, di antaranya kerap dimanfaatkan pelaku balapan liar pada malam hari yang berpotensi menimbulkan kerumunan.



Simak Video "Ada Crowd Free Night, Jakarta Akan Dibikin Sepi Saat Tahun Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(mhg/rgr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT