Kapal Peti Kemas 'Hantu' Jalani Pelayaran Pertama, Seberangi Laut Tanpa Awak

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Senin, 22 Nov 2021 14:49 WIB
Kapal Peti Kemas Elektrik Yara Birkeland
Wujud kapal peti kemas Yara Birkeland Foto: dok. Yara
Jakarta -

Tren kendaraan listrik kian mewabah di dunia. Tak hanya mobil atau truk, kali ini giliran kapal peti kemas yang menggunakan teknologi motor listrik untuk operasionalnya. Selain itu, kapal peti kemas ini juga punya fitur otonom yang membuatnya dapat berlayar sendiri tanpa nahkoda.

Dilansir dari Reuters, kapal peti kemas listrik ini bernama Yara Bikeland. Kapal ini merupakan kapal full elektrik dengan self-steering atau otonom pertama di dunia.

Kapal Peti Kemas Elektrik Yara BirkelandKapal Peti Kemas Elektrik Yara Birkeland Foto: dok. Yara

Pada Kamis (18/11/21) lalu, Yara Bikeland berlayar untuk pertama kalinya dengan rute Horten ke Oslo. "18 November, Yara Birkeland melakukan perjalanan pertama dan satu-satunya ke Oslo sebelum dioperasikan," tulis Yara di kanal resminya.

"Setelah berangkat dari Horten pada pagi hari, Yara Birkeland tiba di Oslo pada sore hari tanggal 18 November bagi para mitra untuk mengalami kapal secara langsung dan mempelajari lebih lanjut tentang proses di balik pencapaian besar ini," lanjut mereka.

Yara bekerjasama dengan perusahaan teknologi bernama Kongsberg untuk membuat kapal peti kemas yang ramah lingkungan serta dapat berlayar sendiri ini.

"Dengan tujuan mengurangi pengangkutan truk bertenaga diesel sebanyak 40.000 perjalanan per tahun, Yara Birkeland akan mengurangi emisi NOx (Nitrogen oksida) dan CO2, meningkatkan keselamatan jalan, mengurangi pembentukan debu jalan dan mengurangi kebisingan lalu lintas saat mengangkut pupuk dari pabrik Yara di Porsgrunn, Norwegia ke pelabuhan ekspor di Brevik, Norwegia," tulis mereka.

"Yara Birkeland akan mulai beroperasi pada 2022. Awalnya akan memulai uji coba dua tahun untuk menjadi otonom dan disertifikasi sebagai kapal kontainer otonom yang sepenuhnya listrik," lanjut Yara.

Di atas kertas, kapal peti kemas Yara Birkeland ini dapat mengangkut kargo hingga 120 TEU (Twenty-foot Equivalent Units) dan beban hingga 3.200 tons. Kapal ini juga dapat melaju hingga 15 knots, meski dalam mode Eco lajunya akan terbatas di 6 hingga 7 knots. Dengan hadirnya daya pada dua pod Azipull sebesar 900 kW, serta dua pendorong mencapai 700 kW, kapal ini dapat menempuh kecepatan tertinggi setara 24 km/jam.

Jika mobil listrik rata-rata menggunakan baterai berkapasitas puluhan kWh, kapal peti kemas Yara Birkeland ini menggunakan baterai berkapasitas 6,8 MWh atau setara dengan 100 mobil Tesla.



Simak Video "Yara Shahidi, Aktris Hitam Manis yang Perankan Tinker Bell"
[Gambas:Video 20detik]
(mhg/din)