Punya Dirut Baru, Transjakarta Kini Fokus Dalam Program Bus Listrik

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Rabu, 10 Nov 2021 08:43 WIB
Bus listrik Transjakarta mulai melakukan uji coba di Jakarta, Jumat (10/9). Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menargetkan pada tahun 2025 penggunaan 5.000 bus listrik Transjakarta untuk mengurangi polusi udara.
Wujud bus listrik Transjakarta yang sedang diuji coba Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Mochammad Yana Aditya resmi diangkat sebagai Direktur Utama PT Transjakarta pada Senin (8/10/21) kemarin. Ada beberapa fokus awal yang akan digalakkan oleh Yana Aditya, salah satunya adalah program bus listrik Transjakarta.

Dilansir dari laman resmi Transjakarta, saat ini mereka masih terus mempersiapkan armada bus listrik yang nantinya secara bertahap akan menggantikan bus konvesional atau berbahan bakar fosil.

"Semua persiapan sedang dimatangkan agar semua berjalan lancar dan sukses dengan harapan tidak ada masalah di kemudian hari," ujar Yana Aditya.

Sejalan dengan fokus tersebut, Transjakarta memang sudah pernah melakukan uji coba bus listrik merek BYD. Terbaru, Transjakarta sedang melakukan uji coba bus listrik merek Higer. Uji coba bus listrik ini akan mengangkut penumpang dengan rute Blok M - Balaikota (EV1) secara cuma-cuma, alias gratis.

Selain itu, Transjakarta juga sudah pernah punya target untuk mengoperasikan sekitar 5.000-an bus listrik pada 2025. Dan pada 2030, Transjakarta akan mengoperasikan 10.000 bus listrrik. Pemprov DKI Jakarta juga akan beralih dari penggunaan bus berbahan bakar solar ke bus listrik.

Direktur Utama Transjakarta yang baru ini juga mengatakan akan fokus kepada sistem transportasi publik yang terintegrasi tidak hanya secara fisik tetapi juga sistem pembayarannya serta peningkatan pelayanan yang aman dan nyaman.

"Saat ini kami terus berfokus kepada program-program baik yang sudah berjalan maupun program yang masih dalam tahap persiapan. Saya rasa dengan kerjasama yang solid antar semua Insan Tije, Transjakarta bisa menjalankan penugasan baik yang diamanahkan oleh Pemerintah DKI Jakarta maupun program korporasi secara bersama-sama dengan baik," ujar Yana Aditya.

"Upaya peningkatan layanan tentunya selalu menjadi fokus utama bagi Transjakarta, karena pelayanan terbaik adalah kunci. Kami terus berupaya menghadirkan layanan maksimal yang aman dan nyaman bagi seluruh masyarakat," tutupnya.



Simak Video "Dirut TransJakarta Gandeng Polda Metro, Tekan Angka Kecelakaan Bus!"
[Gambas:Video 20detik]
(mhg/riar)