Mulai Banyak Digunakan PO, Ini Keuntungan Punya Bus UHD

Luthfi Anshori - detikOto
Senin, 08 Nov 2021 10:17 WIB
Adiputro Jetbus 3+ UHD
Foto: Dok. Adiputro. Adiputro Jetbus 3+ UHD.
Jakarta -

Bus UHD (Ultra High Decker) kali pertama diluncurkan pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018. Setelah berusia kurang lebih 3 tahun, bus UHD pun mulai banyak digunakan Perusahaan Otobus (PO) sebagai armada AKAP (Antar Kota Antar Provinsi). Apa ya keuntungan punya bus ini?

Karoseri Adiputro melakukan gebrakan dengan memperkenalkan bodi jenis UHD pada 2018 lalu. Mengusung konsep kabin bertingkat, bus UHD menawarkan kapasitas angkut penumpang dan barang lebih banyak dibanding bus-bus jenis HD (High Decker) maupun SHD (Super High Decker).

Diungkapkan Direktur PT Rosalia Indah Transport FX. Adimas Rosdian Bbuscom, bus UHD memiliki keunggulan berupa bagasi yang lebih luas. "Bagasi bus ini memang luas sekali. UHD itu kan double decker, tapi (kabin) bawahnya bukan untuk penumpang, tapi bagasi. Karena tinggi bus UHD ini hampir sama dengan double decker. Kalau bus double decker kan bawah atasnya penumpang semua," kata Adimas di Karanganyar, beberapa waktu lalu.

Perusahaan karoseri yang bermarkas di Malang, Adi Putro punya model bus Ultra High Deck (UHD).Luasnya bagasi bus UHD Adiputro Foto: Dadan Kuswaraharja

PO Rosalia Indah sendiri saat ini mengoperasikan armada Adiputro Jetbus 3+ UHD yang dikombinasi sasis Volvo B11R. Menurut Adimas, bus jenis UHD bakal cocok digunakan untuk Perusahaan Otobus yang juga memiliki layanan ekspedisi atau jasa antar kirim barang. "Kalau untuk PO-PO lain bus ini bisa sangat berguna untuk membawa barang dalam jumlah besar. Kalau kami, karena kami sudah punya layanan ekspedisi sendiri, ya bagasi bus UHD ini diusahakan sepenuhnya saja," jelas Adimas.

Secara dimensi, bus UHD lebih tinggi dari bus SHD, namun lebih rendah dari bus double decker. Sebagai gambaran, bus UHD punya tinggi sekitar 4 meter, lalu bus SHD tingginya 3,9 meter, dan bus double decker punya tinggi rata-rata 4,15 meter. Adapun panjang bus UHD 13,5 meter dan lebarnya 2,5 meter.

Perusahaan karoseri yang bermarkas di Malang, Adi Putro punya model bus Ultra High Deck (UHD).Adiputro Jetbus 3+ UHD pertama kali launching di GIIAS 2018 Foto: Dadan Kuswaraharja

Bus UHD memiliki ruang kabin yang terpisah antara pengemudi dan kru, serta penumpang. Untuk kabin penumpang ada di dek atas semua. Sementara itu sopir dan kru ruangnya ada di dek bawah. Selain itu bagian bawah bus UHD juga memiliki bagasi sangat besar, dengan konsep space frame atau tembus kanan-kiri. Beberapa PO di Pulau Jawa mengoperasikan bus UHD. Antara lain PO Sudiro Tungga Jaya, PO Rosalia Indah, dan PO Pandawa 87.

Selain Adiputro, karoseri Tentrem juga siap memperkenalkan bus dengan konsep serupa di perhelatan GIIAS 2021 nanti. Bus UHD Tentrem memiliki konsep yang unik karena menggunakan kamera CCTV sebagai pengganti fungsi kaca spion. Bus UHD pertama Tentrem ini bakal dipakai oleh PO Harapan Jaya.

(lua/rgr)