Makin Canggih, GPS Tracker Punya Sensor Suhu buat Pengangkut Vaksin COVID

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Minggu, 07 Nov 2021 17:44 WIB
GPS Tracker untuk Truk Pengangkut Vaksin COVID-19, Ada Sensor Suhunya
GPS Tracker untuk Truk Pengangkut Vaksin COVID-19, Ada Sensor Suhunya. Foto: Dok. StartGPS.
Jakarta -

GPS Tracker menjadi perangkat yang bisa dipasang pada kendaraan demi keamanan. Tak cuma untuk mobil pribadi, GPS Tracker bisa digunakan untuk armada kendaraan komersial seperti truk hingga alat berat.

Perusahaan startup Aplikasi GPS Karya Anak Bangsa, Sinergi Teknologi Terpadu Indonesia, dengan brand StartGPS meluncurkan perangkat GPS Tracker pelacak kendaraan untuk mobil dan alat berat bernama StartGPS S910. Bahkan, StartGPS memperkenalkan GPS Tracker untuk sepeda motor juga bernama StartGPS ST008.

Uniknya, StartGPS S910 bisa pantau BBM secara realtime. Pemilik kendaraan dapat mengetahui penggunaan bahan bakar melalui pengukuran jarak tempuh.

"Keunggulannya antara lain dapat memantau BBM kendaraan secara realtime di dashboard aplikasi kami. Sehingga pemilik usaha dengan armada kendaran operasional yang banyak, dapat memantau BBM seluruh kendaraannya dengan mudah, dan terdapat laporan yang bisa diunduh," ujar Irma Purnamasari, Business Process Manager PT STTI melalui keterangan persnya.

StartGPS S910 ini bisa dipasang di alat berat seperti Excavator, Traktor, dan Heavy Equipment Machinery. Pemilik armada tersebut dapat mengetahui penggunaan bahan bakar sesuai dengan jam kerja atau Hour Meter dari alat berat tersebut.

Tak cuma itu, perangkat GPS Tracker ini dapat ditambahkan opsi alat untuk memantau temperatur kabin cold storage dengan alat tambahan.

"StartGPS S910 dapat memantau temperatur suhu pada kendaraan dengan penambahan Sensor Bluecoin Temperature. Fitur ini sangat berguna bagi pemilik kendaraan angkutan frozen food, atau yang sedang ramai yaitu kendaraan pengangkut vaksin COVID-19, sehingga pemilik bisnis dapat memantau suhu kabin cold storage pada kendaraan. Yang menariknya adalah, sensor tambahan ini menggunakan koneksi secara wireless melalui Bluetooth sehingga tidak perlu tarik kabel panjang dari unit StartGPS S910 ke Cold Storage," sebut Irma.

Fungsi secara umum sensor suhu tersebut antara lain, sebuah unit StartGPS S910 bisa memonitor hingga 4 pcs sensor suhu sekaligus secara bersamaan dan realtime. Masing-masing sensor terkoneksi secara wireless tanpa mengunakan kabel tetapi menggunakan koneksi BLE Technology atau Bluetooth Low Energy. Sensor ini juga memiliki Sertifikasi IP Rating IP68 sehingga tahan terhadap air dan debu, serta sensor wireless ini memiliki daya tahan baterai hingga 5 tahun.

Sementara itu, StartGPS juga meluncurkan perangkat GPS Tracker untuk sepeda motor. StartGPS ST008 ini antiair dengan sertifikasi IPX5. "Sehingga aman terutama di musim hujan seperti sekarang, dan saat cuci steam juga tidak takut jika GPS terkena air," ucap Irma.

StartGPS S910 untuk mobil dan alat berat dibanderol seharga Rp 1.599.000 dan StartGPS ST008 untuk sepeda motor Rp 999.000.



Simak Video "Pura-pura Belanja, Pria Ini Curi Barang di Toko Aksesoris Mobil"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/mhg)