Aplikasi GPS Tracker Buatan Anak Bangsa, Bisa Apa Saja?

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Sabtu, 16 Okt 2021 12:48 WIB
GPS Tracker karya anak bangsa
Aplikasi GPS Tracker karya anak bangsa. Foto: Dok. StartGPS
Jakarta -

Penggunaan GPS Tracker untuk melacak keberadaan mobil sudah umum di Indonesia. Ada beberapa kendaraan yang sudah terintegerasi dengan GPS tracker dari pabrikan. Tapi, banyak pula GPS Tracker aftermarket yang bisa dibeli secara terpisah.

Namun, kendala yang terjadi saat ini bagi para pengguna GPS Tracker adalah sulitnya untuk personalisasi fitur yang dibutuhkan konsumen. Untuk mengatasi hal itu, PT Sinergi Teknologi Terpadu Indonesia merilis aplikasi StartGPS. Ini merupakan aplikasi yang dikembangkan sendiri alias karya anak bangsa dari PT Sinergi Teknologi Terpadu Indonesia.

"Kami membuat aplikasi ini dari awal mulai menentukan arsitektur serta desain aplikasi yang menerapkan teknologi terkini dan tepat guna. Juga berdasarkan pengalaman kami di bidang teknologi pelacakan, dan tak lupa berbekal riset kebiasaan dan kebutuhan konsumen. Sehingga konsumen yang lebih advanced dapat melakukan personalisasi atau penyesuaian, sesuai kebutuhan bisnis konsumen," kata CEO PT Sinergi Teknologi Terpadu Indonesia, Hartono Budiman, dalam keterangan pers yang diterima.

Tak cuma untuk konsumen fleet, aplikasi GPS Tracker ini bisa digunakan konsumen retail. Lantas, bisa apa saja aplikasi GPS buatan anak bangsa ini?

"Aplikasi StartGPS memiliki banyak fitur seperti pelacakan, monitoring, rekam jejak, reporting park and stop report, trip report, driving behaviour sopir, realtime temperature, realtime fuel consumption. Selain pengunaan teknologi terkini dan tepat guna dan merupakan aplikasi pelacakan buatan anak bangsa, perbedaan kami dengan kompetitor adalah kami juga memiliki produk roadmap yang jelas untuk pengembangan aplikasi kedepannya. Serta aplikasi kami dapat menerima koneksi hardware GPS dari berbagai merk," ujar Hartono.

GPS Tracker karya anak bangsaAplikasi GPS Tracker karya anak bangsa Foto: Dok. StartGPS

Sementara itu, untuk konsumen fleet bisa melakukan penyesuaian aplikasi. Business Process Manager PT STTI, Irma Purnamasari menjelaskan, penyesuaian aplikasi ini bisa dilakukan mengingat beda penggunaan atau perusahaan yang menggunakan maka akan beda juga cara kerja yang diinginkan secara fungsi.

"Contoh penyesuaian yang dilakukan, salah satunya fitur yang menyediakan solusi spesifik bagi salah satu konsumen yang memiliki lini bisnis distribusi merek sepeda motor terbesar di Indonesia. Ke depannya fitur ini juga akan dapat dipakai oleh konsumen lain yang membutuhkan," kata Irma.

"Saat ini kami terus mengembangkan aplikasi, dan menerapkan Software as A Service. Penyesuaian fitur yang dibuat seperti permintaan konsumen, akan bisa dipakai juga oleh konsumen lain. Dan juga masih banyak fitur lainnya yang akan dikembangkan." tutur Irma.

Aplikasi Start GPS ini dapat menerima koneksi seluruh device hardware GPS Tracker dari merek manapun yang beredar di Indonesia.

"Server kami dapat menerima hampir seluruh GPS Tracker yang sudah beredar di Indonesia, sehingga konsumen yang kurang puas dengan aplikasi GPS yang lama, dapat berpindah ke Server Aplikasi StartGPS. Jadi tidak memberatkan konsumen, karena tidak perlu beli device atau hardware GPS yang baru, sehingga memudahkan untuk memakai Aplikasi kami." ujar Irma.

"Pada Oktober 2021 ini kami sedang menggratiskan kepada calon konsumen yang ingin berpindah aplikasi server ke StartGPS, cukup pakai alat lama, tanpa perlu beli alat GPS Tracker yang baru lagi. Lebih hemat, lebih memudahkan, sesuai tagline kami yaitu Easy and Flexible," tutup Irma.



Simak Video "Pura-pura Belanja, Pria Ini Curi Barang di Toko Aksesoris Mobil"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/lth)