Hyundai Garap Skuter Listrik Lipat, Praktis Bisa Disimpan di Mobil

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Rabu, 27 Okt 2021 11:55 WIB
Paten Skuter Listrik Hyundai, Praktis Bisa Dilipat dan Disimpan di Mobil
Skuter listrik Hyundai. Foto: Istimewa
Jakarta -

Hyundai menghadirkan sebuah paten terbaru yang cukup unik. Paten ini menunjukkan sebuah skuter listrik lipat yang bisa disimpan di dalam mobil secara praktis.

Dikutip dari The Drive, Hyundai mengajukan sebuah paten skuter listrik lipat. Nantinya, skuter tersebut dapat digunakan dengan mudah dan disimpan di dalam mobil tanpa memakan ruang besar.

Cara ini dilakukan Hyundai dalam mendukung mobilitas para pemilik mobil di daerah perkotaan. Semisal, saat pengendara ingin menuju suatu tempat namun jarak dari tempat parkir cukup jauh, dengan hadirnya skuter listrik lipat pengemudi tidak perlu lelah berjalan kaki.

Lalu bagaimana dalam menyimpan skuter listriknya? Dalam gambar paten tersebut terlihat bahwa skuter listrik Hyundai bisa disimpan di sisi pintu atau di bawah lantai bagasi. Agar mudah saat menyimpannya, skuter ini bisa dilipat hingga berukuran kecil.

Paten Skuter Listrik Hyundai, Praktis Bisa Dilipat dan Disimpan di MobilPaten Skuter Listrik Hyundai, Praktis Bisa Dilipat dan Disimpan di Mobil Foto: Istimewa

Paten tersebut juga menampilkan beberapa keunggulan skuter listrik milik Hyundai. Salah satunya terdapat speaker yang dipasang di tabung penyangga pegangan skuter. Speaker ini akan mengeluarkan suara untuk memperingatkan pejalan kaki jika terdapat pengendara skuter, cara ini dilakukan demi meminimalisir kecelakaan.

Paten Skuter Listrik Hyundai, Praktis Bisa Dilipat dan Disimpan di MobilPaten Skuter Listrik Hyundai, Praktis Bisa Dilipat dan Disimpan di Mobil Foto: Istimewa

Pada paten tersebut tidak menjelaskan lebih rinci mengenai skuter listrik Hyundai. Namun, dalam salah satu dokumen menjelaskan jika skuter listrik rata-rata memiliki kecepatan sekitar 25 km per jam. Hal ini bisa jadi pertanda jika skuter listrik lipat Hyundai mempunyai kecepatan di angka tersebut.

Tidak dijelaskan juga lebih detail mengenai spesifikasi dan teknologi yang diusung pada skuter listrik tersebut. Namun diprediksi, Hyundai menerapkan spesifikasi skuter listrik yang tidak jauh berbeda dari sejenisnya yang dijual di pasaran.

Sebenarnya paten tersebut sudah didaftarkan oleh Hyundai di akhir Desember 2017, namun baru pada November 2019 paten itu resmi dipublikasikan. Dalam paten tersebut juga tidak dijelaskan model kendaraan apa yang bisa dimasukkan skuter listrik milik Hyundai.

Paten yang digagas Hyundai ini sebenarnya tidak jauh berbeda seperti yang pernah diusung Honda. Pada tahun 1980-an, Honda menghadirkan skuter lipat bernama Motocompo. Skuter dengan kapasitas mesin 49cc ini bisa dimasukan di dalam bagasi mobil Honda City Kei dan mudah dibawa saat bepergian.



Simak Video "Laris Manis! Skuter Listrik Ola Terjual Dua Unit per Detik"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)