Berita Populer

Nyalip Dari Kiri Berujung Nahas: Direktur Indomaret dan LCGC Nekat

Tim detikcom - detikOto
Minggu, 24 Okt 2021 18:18 WIB
LCGC kecelakaan usai salip truk dari kiri
LCGC kecelakaan usai salip truk dari kiri. Foto: Instagram @dashcam_owner_indonesia.

Cara Menyalip Truk dengan Aman

Jusri menyebut, sekitar 70% kecelakaan di Indonesia terjadi saat menyalip. Jusri menyarankan tiga cara mempertimbangkan menyalip kendaraan besar.

"Pertama, selalu bertanya penting nggak kita menyalip. Kalau tidak perlu jangan menyalip. Kalau perlu, maka lakukan step kedua yaitu dibenarkan atau tidak, menyangkut legalitas seperti nggak boleh menyalip di solid line, di tikungan, tanjakan, turunan, bahu jalan dan sebagainya. Kalau step kedua sudah dijawab ya, maka masuk step ketiga, yaitu aman atau tidak. Kalau aman ini basisnya di otak kita, kita harus paham. Kalau semua pertanyaan-pertanyaan tadi terjawab ya, baru kita overtake (menyalip)," saran Jusri.

Yang perlu dilakukan saat menyalip adalah tetap menjaga jarak. Langkah-langkah yang harus dilakukan pengemudi, pertama cek spion apakah ada bahaya di kiri, kanan, belakang. Lalu nyalakan lampu sein. Setelah itu, cek spion kembali sambil melakukan shoulder check atau menoleh ke kanan untuk memastikan area blind spot termonitor.

"Kalau aman baru eksekusi. Tambahkan kecepatan dan pastikan kecepatan kita jangan sama. Tambah 15-20 km/jam. Karena pada saat kita overtaking tadi, itu adalah situasi yang rentan dengan kecelakaan. Jadi jangan lama-lama di area itu, itu bukan comfort zone," sebutnya.

Selesai mendahului kendaraan, pastikan kembali masuk ke lajur semula dengan aman. Caranya, cek kaca spion tengah dan pastikan kita bisa melihat roda depan kendaraan yang disalip tersebut melalui kaca spion itu.

"Kalau sudah terlihat roda depan kendaraan yang kita salip, baru kasih sein kiri untuk segera pindah lajur. Jangan begitu nyalip kita langsung pindah, atau main motong, itu yang bahaya. Kalau roda depan sebelah kanan kendaraan yang kita salip udah terlihat dari kaca spion tengah, berarti jarak kita udah cukup aman. Jadi aman untuk truknya juga, karena blind spot truk itu besar kadang tidak terlihat yang ada di depannya," jelas Jusri.



Simak Video "Penampakan Mobil Terbalik Usai Tabrak 2 Motor di Jalur Wisata Purwakarta"
[Gambas:Video 20detik]

(rgr/din)