Tantang Tesla dan BYD, Honda Rilis Mobil Listrik Konsep di China

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Kamis, 14 Okt 2021 11:29 WIB
Honda e:N Concept Mobil Listrik
Lini mobil konsep yang dihadirkan Honda di China Foto: dok. Honda Global
Jakarta -

Pasar mobil listrik China cukup besar dan ramai pemainnya. Namun Honda tak gentar. Mereka justru meluncurkan merek mobil listrik baru beberapa konsep mobil listriknya untuk pasar China secara virtual pada Rabu (13/10/21) kemarin.

Acara konferensi pers virtual yang digelar oleh Honda Global ini adalah untuk menunjukkan strategi elektrifikasi mereka di pasar China. Salah satu yang cukup menarik perhatian adalah Honda akan memperkenalkan sebuah merek khusus kendaraan listrik di China dengan nama 'e:N'.

[Gambas:Youtube]

"Nama "e:N" mewakili keinginan Honda untuk memberi energi kepada orang-orang yang mencoba melakukan sesuatu berdasarkan inisiatif mereka sendiri di era elektrifikasi ini. "e:" berasal dari "e:Technology," nama merek kolektif untuk teknologi elektrifikasi Honda yang diupayakan Honda untuk netralitas karbon," tulis Honda dalam rilis resminya.

"Huruf "N" adalah singkatan dari "New/Next", mewakili penciptaan nilai baru untuk mobilitas generasi berikutnya. Jajaran e:N Series melambangkan dimulainya bisnis mobil listrik penuh Honda yang akan dimulai di China. Honda berencana untuk memperkenalkan 10 model e:N Series selama 5 tahun ke depan, dan juga berencana mengekspor model ini dari China," lanjut mereka.

Rencana terdekat dari Honda dengan e:N di pasar China ini adalah dengan mendatangkan mobil listrik pertama mereka yaitu e:NS1 dan e:NP1. Mobil listrik ini direncanakan akan dijual pada 2022 mendatang.

Honda e:N Concept Mobil ListrikHonda e:N Concept Mobil Listrik Foto: dok. Honda Global

Produksi kendaraan listrik Honda di China nantinya dilakukan di GAC Honda dan juga Dongfeng Honda pada 2024.

Selain itu, lini e:NP ini terus dikembangkan. Dalam lima tahun, Honda dengan e:N-nya berencana untuk menghadirkan mobil listrik bergaya coupe, SUV, hingga GT.

"Untuk peningkatan lebih lanjut dari jajaran e:N Series, Honda saat ini sedang mengembangkan tiga model konsep, e:N COUPE Concept, e:N SUV Concept dan e:N GT Concept, dengan tujuan untuk memulai penjualan model-model baru ini dalam waktu dekat. 5 tahun ke depan," tulis Honda.

Berdasarkan data yang dirilis Electrive, BYD menguasai penjualan mobil listrik di China pada periode September 2021. Posisi dua ditempati Tesla, dan Wuling pada urutan tiga.



Simak Video "Ini Wujud Mobil Listrik Honda yang Sudah Didaftarkan di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(mhg/din)