Rekor Dunia! Mobil Hidrogen Toyota Mirai Melaju 1.360 Km Sekali Full Tank

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Sabtu, 09 Okt 2021 14:37 WIB
Toyota Mirai memecahkan rekor dunia setelah menempuh 1.360 Km dengan sekali isi full tank
Toyota mirai memecahkan rekor dunia dengan menempuh 1.360 km perjalanan dengan sekali isi full tank (Toyota.com)
Jakarta -

Mobil hidrogen Toyota Mirai berhasil mencetak rekor dan tercatat dalam Guinness World Records. Mobil ini berhasil menempuh jarak sejauh 1.360 km dengan sekali pengisian bahan bakar hidrogen.

Dikutip dari Carscoops, Toyota Mirai melakukan perjalanan sepanjang rute Southern California selama dua hari, yakni 23 hingga 24 Agustus 2021. Agar bisa tercatat dalam buku rekor dunia, ada sejumlah aturan yang harus dipatuhi.

Salah satunya adalah pengemudi tidak boleh membuka tangki bahan bakar selama perjalanan. Artinya, mobil Toyota Mirai harus diisi bahan bakar hidrogen sampai penuh saat sebelum melakukan perjalanan.

Catatan rekor ini diawasi langsung oleh juri Guinness World Records, Michael Empric. Dia memastikan jika pengemudi mengisi bahan bakar hidrogen sekali saja dan menyelesaikan perjalanan lebih dari 1.000 km tanpa mengisi ulang.

Perjalanan dimulai dari Toyota Technical Center di Gardena, California. Mobil sendiri dikendarai oleh dua orang yakni Wayne Gerdes sebagai pengemudi utama dan Bob Winger bertugas sebagai pengemudi cadangan.

Pada hari pertama perjalanan, dari titik awal berangkat keduanya berkendara sejauh 761 km hingga ke San Ysidro. Kemudian Toyota Mirai mengarah ke Santa Monica dan Malibu, melintasi jalur Pacific Coast Highway sampai kembali ke Gardena.

Toyota Mirai memecahkan rekor dunia setelah menempuh 1.360 Km dengan sekali isi full tankToyota Mirai memecahkan rekor dunia setelah menempuh 1.360 Km dengan sekali isi full tank Foto: Toyota.com

Pada hari kedua, Toyota Mirai diajak melewati rute yang rawan kemacetan pada jam sibuk yakni jalan tol San Diego-Los Angeles-Orange County. Setelah melewati jalan bebas hambatan, kedua pengemudi ini kembali mengarah ke Gardena dan mencatatkan perjalanan sejauh 598 km.

Setelah mengemudi selama dua hari, Toyota Mirai berhasil mendapatkan tingkat efisiensi di angka 152 MPGe. Sebagai perbandingan, Tesla Model 3 Standard Range Plus RWD yang dinilai sebagai mobil paling efisien menurut EPA mendapat angka sebesar 142 MPGe.

"Sebagai juri Guinness World Records selama 10 tahun, saya memiliki kesempatan untuk menyaksikan upaya luar biasa, termasuk catatan prestasi mengenai jarak tempuh," kata Empric.

"Perjalanan Toyota Mirai tanpa perlu mengisi ulang bahan bakar menunjukan kekuatan teknologi listrik sel bahan bakar. Penggabungan teknologi dan kecerdikan desain oleh Toyota menghasilkan momen bersejarah ini," ungkapnya.

Setelah melalui perhitungan, Toyota Mirai mengkonsumsi sebanyak 5,65 kg hidrogen dan secara langsung tidak mengeluarkan emisi CO2. Jika dibandingkan dengan mobil berbahan bakar bensin, Toyota memperkirakan menghasilkan sekitar 301 kg CO2 untuk jarak tempuh yang sama.



Simak Video "Sekelas Agya, Toyota Luncurkan Aygo X di Pasar Eropa"
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)