Asyik! Polisi Mulai Uji Coba Ujian SIM Online

Tim detikcom - detikOto
Kamis, 30 Sep 2021 11:53 WIB
Peserta mengikuti ujian teori Surat Izin Mengemudi (SIM) di Satuan Penyelenggara Administrasi (Satpas) SIM Daan Mogot, Jakarta, Selasa (12/5/2020). Kepala Seksi SIM Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya Komisaris Polisi Lalu Hedwin memperkirakan semasa pandemi COVID-19 aktivitas pembuatan SIM mengalami penurunan mencapai 75 persen dari hari biasa. ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/foc.
Peserta mengikuti ujian teori Surat Izin Mengemudi (SIM) di Satuan Penyelenggara Administrasi (Satpas) SIM Daan Mogot, Jakarta, Selasa (12/5/2020). Foto: ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga.
Jakarta -

Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri menyediakan layanan SIM online. Tak cuma perpanjang SIM secara online melalui aplikasi SINAR (SIM Nasional Presisi), nantinya juga ada ujian SIM secara online. Ujian online yang bisa dilakukan secara online ini adalah ujian teori.

Ujian teori SIM secara online dilakukan melalui aplikasi Elektronik Audio Visual Integrated System (E-AVIS). E-AVIS merupakan aplikasi animasi ujian teori bagi pemohon surat izin mengemudi (SIM) secara online. Dalam aplikasi E-AVIS tersebut, ada animasi yang real sesuai di lapangan saat berkendara.

"Aplikasi ini sangat bermanfaat bagi masyarakat pemohon SIM, dan merupakan hasil pemuktahiran dari ujian SIM tahun lalu," ujar Kasubdit SIM Dit Regident Korlantas Polri, Kombes pol Tri Julianto Djati Utomo seperti dikutip dari situs resmi Korlantas Polri.

Menurutnya, aplikasi ini dapat lebih mudah diterima oleh masyarakat. Aplikasi E-AVIS untuk ujian teori SIM secara online ini lebih mobile dan lebih mudah dimengerti.

Djati menyebut, E-AVIS sudah diuji coba di 4 satpas, antara lain di Polrestabes Bandung, Polrestabes Semarang, Polrestabes Surabaya, dan Daan Mogot Polda Metro Jaya.

Ujian Teori SIM Secara OnlineUjian Teori SIM Secara Online Foto: Pool

"Ini juga termasuk dari salah satu program utama Kapolri," katanya.

Kata Djati, hasil dari uji coba E-AVIS di 4 satpas itu dinilai sukses. Masyarakat yang melakukan ujian SIM lewat E-AVIS ada yang lulus dan tidak lulus. Kemungkinan yang tidak lulus karena kurang konsentrasi saat mengerjakan soal dan kali pertama mengenal ujian teori SIM.

"Saya nilai pemohon SIM yang tidak lulus ujian teori baru mengimplementasikan di lapangan saat mengendarai motor, jadi wajar tidak lulus ujian. Tapi beberapa pemohon SIM yang sudah pernah melakukan dan pernah mengendarai motor dengan mudah paham dalam uji teori SIM E-AVIS. Dan soal ini memang realita di lapangan," ucapnya.

Ujian teori SIM dengan E-AVIS ini terintegrasi dengan server pusat. Soal ujian dilakukan secara acak dan berubah setiap harinya. Terdapat 30 soal animasi yang harus dijawab pemohon SIM sesuai dengan golongan SIM. Kini, sudah ada 600 soal untuk menguji pemohon SIM.



Simak Video "Catat! Ini 54 Wilayah yang Sudah Melayani Perpanjangan SIM via Online"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)