Bus Single Glass Terbaru PO SAN Bakal Layani Rute Mana Saja?

Luthfi Anshori - detikOto
Senin, 20 Sep 2021 15:54 WIB
Bus single glass Laksana Legacy SR2 Panorama yang akan digunakan PO SAN
Bus single glass terbaru PO SAN garapan Laksana, bakal layani rute mana saja?. Foto: Dok. Laksana
Jakarta -

PO SAN resmi merilis armada bus baru yang menggunakan konsep kaca depan tunggal alias single glass. Bus tersebut merupakan buatan karoseri Laksana asal Ungaran, Jawa Tengah. Lantas, rute manakah yang akan dilayani bus single glass PO SAN itu?

Dijelaskan Direktur Utama PO SAN (Siliwangi Antar Nusa), Kurnia Lesani Adnan, bus baru PO SAN yang menggunakan bodi Legacy SR2 Panorama tersebut bakal melayani rute antar Pulau Sumatra-Pulau Jawa.

"(Bus single glass ini) untuk rute Bengkulu-Jakarta-Bandung-Jogja-Solo," kata pria yang akrab disapa Sani, melalui pesan singkat kepada detikOto, Senin (20/9/2021).

Bus single glass Laksana Legacy SR2 Panorama yang akan digunakan PO SANBus single glass Laksana Legacy SR2 Panorama yang akan digunakan PO SAN Foto: Dok. Laksana

Menurut Sani, akan ada dua unit bus Legacy SR2 Panorama yang akan melayani rute tersebut. Bus ini masuk dalam kelas eksekutif, dengan kisaran tarif Rp 620 ribu untuk rute Bengkulu-Jogja-Solo.

"(Kemudian untuk fasilitasnya) bus ini menggunakan toilet, 36 seat dengan leg rest, USB Port charger di setiap seat, dan sudah dilengkapi Air Purification and Disinfection System 2.0 untuk membersihkan atau mempurifikasi udara di dalam ruangan bus. Alat tersebut diletakkan di dalam inlet AC dan ada monitor untuk membaca kondisi udara di dalam bus," sambung Sani.

Nah, untuk sasisnya sendiri, ternyata menggunakan sasis lama yang pernah digunakan di armada sebelumnya. Jadi bus ini bisa dikatakan telah melakukan peremajaan bodi agar fresh kembali dan nyaman digunakan oleh penumpang.

"Kami melakukan peremajaan body mengingat body lama bus tersebut sudah tidak representatif lagi untuk operasi. Sebelum dibangun body baru, chassis- nya sudah terlebih dahulu di lakukan remanufacturing agar kondisi chassis prima kembali. Chassis-nya sendiri pakai Golden Dragon 300HP," jelas Sani.

Bus single glass Laksana Legacy SR2 Panorama yang akan digunakan PO SANBus single glass Laksana Legacy SR2 Panorama yang akan digunakan PO SAN Foto: Dok. Laksana

Sebagai informasi, bodi Legacy SR2 single glass baru yang digunakan PO SAN itu terinspirasi dari bodi legendaris Laksana, Panorama, yang cukup kondang di tahun 2000-an.

Dari segi bodi, Legacy SR2 Panorama masuk dalam kategori bus HD (High Decker). Tampak dari depan desainnya berkesan tinggi, sejumlah area pun telah dilengkapi aksen krom yang menampilkan kesan mewah. Yang menarik, di bagian grill juga disematkan lampu variasi yang menambah nilai estetika.

Ciri Legacy juga masih melekat pada bodi bus ini, yaitu dengan adanya desain floating roof atau atap bus yang seolah mengambang. Untuk safety, Legacy SR2 Panorama ini sudah diuji guling (EC R66), pengujian kekuatan jok (R80), dan juga uji kestabilan atau R107.

(lua/din)