Ganjil Genap di Jakarta Masih Berlanjut, Bakal Diperluas ke Lokasi Wisata

Tim Detikcom - detikOto
Selasa, 14 Sep 2021 07:07 WIB
Jakarta -

Sejalan dengan perpanjangan periode PPKM Level 2-4 di Jawa dan Bali, Polda Metro Jaya melanjutkan kebijakan pembatasan kendaraan dengan sistem ganjil genap.

Ganjil genap di DKI Jakarta berlanjut sering dengan diperpanjangnya periode PPKM Leval 2-4 di seluruh Jawa dan Bali hingga 20 September oleh pemerintah.

"Ganjil genap tetap (berlaku)," tegas Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo dikutip dari detikNews.

Belum ada perubahan lokasi dan jadwal ganjil genap di DKI Jakarta. Lokasi ganjil genap Jakarta adalah di tiga ruas jalan berikut ini.

  • Jalan Jenderal Sudirman
  • Jalan MH Thamrin
  • Jalan H.R Rasuna Said

Jadwal ganjil genap setiap hari, termasuk, akhir pekan, dimulai pukul 06.00 WIB dan selesai pukul 20.00 WIB.

Ganjil Genap Diperluas ke Lokasi Wisata

Selain di tiga jalan utama ibukota, ada peluang ganjil genap juga bakal diterapkan di lokasi-lokasi wisata. Hal tersebut sejalan dengan arahan pemerintah untuk memberlakukan ganjil genap di lokasi tujuan wisata.

"Penerapan ganjil genap di tempat wisata mulai Jumat - Minggu tujuannya mengurangi kendaraan ke sana. Supaya jangan sampai kayak Pangandaran minggu lalu pengunjung banyak," kata kata Menko Luhut Binsar Pandjaitan.

Ganjil genap di lokasi wisata diberlakukan untuk menghindari membludaknya pengunjung di lokasi-lokasi wisata, sebagaima sudah terjadi dalam beberapa waktu terakhir. Ganjil genap lokasi wisata, kata Luhut, akan berlaku mulai Jumat sampai Minggu.

Namun begitu, Polda Metro Jaya hingga kini belum memutuskan lokasi wisata mana saja yang akan diberlakukan ganjil genap dan kapan akan mulai diterapkan.

"Nanti kita akan konsepkan dulu. Kita lihat lagi mana tempat wisata DKI yang buka," lanjut Sambodo.

(din/din)