Pajak Mobil Porsche Boxster yang Jemput Saipul Jamil, Setahun Bayar Rp 17,5 Juta

Tim detikcom - detikOto
Jumat, 03 Sep 2021 13:47 WIB
Saipul Jamil
Saipul Jamil dijemput pakai Porsche Boxster Foto: Palevi/detikhot
Jakarta -

Saipul Jamil menghirup udara segar usai 5 tahun mendekam di penjara. Porsche Boxster warna merah yang menjemputnya pulang tak kalah mencuri perhatian dengan berita kebebasannya.

Mengulas mobil yang dijadikan tumpangan Saipul Jamil, dalam laman Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Jawa Barat mobil tersebut merupakan lansiran 2011. Sementara modelnya Porsche Boxster 2.9 transmisi otomatis.

Kalau ingin memiliki mobil tersebut, biaya yang perlu dikeluarkan tiap tahunnya ialah pajak kendaraan bermotor (PKB). Dalam situs Bapenda Jabar tertulis Porsche Boxster 2011 itu memiliki pajak Rp 17.573.400.

Pajak tersebut di antaranya untuk PKB pokok, tarif pajak SWDKLLJ Pokok, PNBP STNK, dan PNBP TNKB. Kalau disandingkan per tahunnya setara dengan motor skutik seperti Honda BeAT.

Sementara harga jual Porsche Boxster 2011 itu dalam situs jual beli bekas harganya berkisar di antara Rp 700 - 950 juta. Nilai jual mobil bekas Porsche Boxster 2011 itu Setara dengan mobil-mobil baru MPV premium seperti Hyundai Staria, Honda Odyssey, dan Toyota Vellfire.

Berapa Tahun Saipul Jamil Dipenjara?Saipul Jamil bebas dari penjara Foto: Hanif/detikHot

Di balik bonetnya, Porsche Boxster berkelir merah ini dibekali mesin boxer enam silinder 2.900 cc. Porsche Boxster ini mengusung tipe mesin mid-engine. Tenaga maksimalnya mencapai 255 daya kuda pada 6.400 rpm dengan torsi maksimal 290 Nm pada 4.400 rpm.

Mobil ini bisa berlari hingga kecepatan 263 km/jam. Akselerasi dari posisi diam hingga kecepatan 100 km/jam bisa dituntaskan hanya dalam 5,9 detik. Mobil ini punya konsumsi bahan bakar 9,4 liter per 100 km.

Porsche Boxster merupakan tipe mobil cabriolet. Mobil ini dilengkapi dengan atap soft top. Atapnya bisa dibuka-tutup. Seperti yang dilakukan Saipul Jamil, atap mobil ini dibuka untuk menikmati cuaca cerah.



Simak Video "Momen Saipul Jamil Pulang Kampung hingga Berenang di Pantai Anyer"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)