Kenapa Bus Sekolah Warna Kuning, Bukan Merah, Hijau, atau Biru?

Rahma Indina Harbani - detikOto
Kamis, 02 Sep 2021 11:42 WIB
Ilustrasi Bus Sekolah. (Wladyslaw via Wikimedia (CC-BY-SA-3.0))
Alasan bus sekolah di seluruh dunia berwarna kuning (Wladyslaw via Wikimedia ( CC-BY-SA-3.0))
Jakarta -

Warna kuning pada bus sekolah bisa ditemui hampir di seluruh belahan dunia. Dari Amerika Serikat, negara-negara Eropa, juga Indonesia. Kenapa bus sekolah berwarna kuning? Kenapa bukan hijau, biru, atau merah?

Bus sekolah berwarna kuning bisa kita temui di jalan-jalan kota Jakarta, terutama sebelum pademi Covid-19 datang. Melayani beberapa rute di ibukota, bus sekolah-bus sekolah tersebut tidak memasang tarif buat pelajar yang menumpanginya.

Bus sekolah warna kuning juga banyak terlihat di kampus Universitas Indonesia. Malah ada julukan khusus buat bus tersebut: Bikun, alias Bus Kuning.

Kenapa bus sekolah berwarna kuning? Dan kenapa banyak negara di dunia seakan kompak sekali memakai warna yang sama?

Young female bus driver driving he school bus, wearing a face mask. She is taking care that kids sit down.Kenapa Bus Sekolah Warna Kuning, Bukan Merah, Hijau, atau Biru? Foto: Getty Images/Vladimir Vladimirov

Sejarah Bus Sekolah Berwarna Kuning

Di Amerika Serikat bus sekolah pada awalnyta berwarna beragam. Ada yang biru, merah, jingga, bahkan putih. Warna-warna tersebut dipilih masing-masing wilayah sebagai bentuk patriotisme di kalangan siswa.

Lalu pada April 1939, seorang profesor dari Columbia University Teachers College bernama Frank Cyr melakukan kunjungan ke 10 negara bagian di Amerika Serikat untuk melihat kondisi bus sekolah di sana. Hasilnya mengejutkan.

Banyak transportasi sekolah yang dianggap tidak layak, malah masuk kategori mengkhawatirkan. Itu kemudian menimbulkan dampak ada siswa yang tak bisa berangkat ke sekolah.

Setelah melihat kondisi di lapangan, Profesor Frank Cyr lantas menggelar sebuah konferensi. Dia mengundang pengurus sekolah dan pakat transportasi untuk membahas sarana transportasi untuk pelajar Amerika Serikat.

Dari pertemuan itulah kemudian dibahas soal standar bus sekolah Amerika Serikat. Mulai dari tinggi, lebar, aturan keselamatan, sampai pemilihan warna. Sebelumnya kategori-kategori tersebut diterapkan dengan standar berbeda di berbagai wilayah.

Terkait pemilihan warna, Profesor Cyr sempat juga menawarkan warna lain untuk digunakan oleh bus sekolah. Total ada 50 warna yang ditawarkan, termasuk warna oranye dan merah tua.

Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional akhirnya memutuskan memilih warna kuning.

Alasan Bus Sekolah Berwarna Kuning

Kenapa warna kuning yang akhirnya dipilih untuk warna bus sekolah?

Warna kuning dianggap cukup cerah untuk mudah membedakan bus sekolah dengan jenis kendaraan lain. Selain itu, warna dasar kuining juga akan membuat teks warna hitam di body bus jadi lebih menonjol. Teks warna hitam di body bus menunjukkan nama sekolah atau area di mana sekolah berada.

Sekolah tatap muka mulai diujicoba di Jakarta. Bus sekolah pun mulai dioperasikan.Kenapa Bus Sekolah Warna Kuning, Bukan Merah, Hijau, atau Biru? Foto: Ari Saputra

Kuning juga dipilih karena warna tersebut punya visibilitas tinggi saat pagi hari ketika masih gelap dan sore hari saat matahari mulai tenggelam.

Standarisai tersebut akhirnya mulai diterapkan di Amerika Serikat. Sampai tahun 1974 sudah ada 35 negara bagian yang menerapkannya.

Atas kontribusinya itu, Profesor Cyr kemnudian mendapat julukan Bapak Bus Sekolah Kuning.



Simak Video "Kata Lansia Diantar-Jemput Vaksinasi Pakai Bus Sekolah: Membantu!"
[Gambas:Video 20detik]
(rah/din)