Ini Kapal Kargo 'Hantu' Pertama di Dunia, Seberangi Laut Norwegia Tanpa Awak

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Jumat, 27 Agu 2021 10:38 WIB
Kapal Kargo otonom Yara Birkeland yang juga bertenaga listrik
Yara Bikerland, kapal kargo otonom bertenaga listrik pertama di dunia (Yara International)
Jakarta -

Teknologi otonomon masih terus dikembangkan oleh banyak produsen otomotif. Di laut, sudah ada kapal yang bisa berjalan secara mandiri tanpa kendali manusia. Mirip kapal hantu, teknologi ini akan di uji coba di Norwegia.

Perusahaan bernama Yara International asal Norwegia berhasil menciptakan kapal bertenaga listrik dan bisa berlayar tanpa kendali manusia. Yara mengklaim kapal listrik mereka merupakan yang pertama di dunia dengan mengusung teknologi otonom.

Dikutip dari Electrek, kapal listrik tersebut diberi nama Yara Birkeland. Perusahaan ini telah merancang kapal Yara Birkeland sejak tahun 2017, dan diprediksi tahun ini kapal tersebut akan melakukan pelayaran pertamanya.

Jika sesuai jadwal, kapal Yara Birkeland akan melakukan perjalanan pertamanya membawa kargo antara dua kota di Norwegia, yakni dari Kota Heroya menuju Brevik. Rencananya kapal melakukan pelayaran sebelum akhir tahun dan dijalankan tanpa satupun awak di dalamnya.

Sebagai gantinya, pergerakan kapal akan dipantau dari tiga pusat kendali data yang ada di darat.

Sebagai permulaan, saat bongkar muat kapal masih tetap membutuhkan bantuan tenaga manusia. Namun menurut Jon Sletten, selaku Manager Pabrik Yara di Porsgrunn, Norwegia, sebagian besar proses bongkar muat nantinya akan beroperasi menggunakan teknologi robot.

Fokus perusahaan Yara dalam membangun kapal listrik otonom adalah untuk menurunkan biaya operasional dalam mengangkut barang. Sementara, kapal kargo bertenaga listrik ditujukan untuk mengurangi emisi karbon yang dapat mencemari udara.

Membahas soal spesifikasi, kapal listrik Yara Birkeland memiliki kapasitas baterai sebesar 7 Mwh. Dengan hadirnya daya pada dua pod Azipull sebesar 900 kW, serta dua pendorong mencapai 700 kW, kapal ini dapat menempuh kecepatan tertinggi 13 knot atau setara 24 km/jam.

Sebenarnya Yara Birkeland bukan lah kapal otonom pertama di dunia, sebelumnya sudah ada feri otonom yang telah diluncurkan pada 2018 lalu. Namun, perusahaan Yara mengklaim jika kapal miliknya adalah kapal listrik pertama yang telah mengusung teknologi otonom.



Simak Video "Wujud Mobil Listrik dari Opel: Imut-imut, Harganya Cuma Rp 108 Jutaan"
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)