Sirkuit Mandalika Sudah 91,79% Rampung, Siap Homologasi dalam Hitungan Hari

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Rabu, 11 Agu 2021 16:09 WIB
Progres pembangunan Sirkuit Mandalika
Progres pembangunan Sirkuit Mandalika sudah rampung lebih dari 90% per Selasa (10/8/21) kemarin.Foto: dok. Mandalika Grand Prix Association
Jakarta -

Pembangunan Sirkuit Mandalika dikabarkan sudah rampung 91,79% pada Selasa (10/8/21). Bahkan untuk pengerjaan aspal sudah masuk tahap lapis terakhir.

"Di minggu pertama di bulan Agustus 2021 ini, pekerjaan konstruksi di Sirkuit Mandalika sudah mencapai 91.79%, khusus pekerjaan aspal, sudah sampai dalam tahap pengaspalan lapis terakhir atau lapisan Stone Mastic Asphalt (SMA) di run-off dan track lane yang akan berlangsung hingga akhir Agustus 2021," tulis Mandalika Grand Prix Association (MGPA) lewat unggahan Instagram resmi mereka.

Progres pembangunan Sirkuit MandalikaProgres pembangunan Sirkuit Mandalika Foto: dok. Mandalika Grand Prix Association

Selain pengerjaan trek, progress pengerjaan bagian jalan dalam dan luar sirkuit dikabarkan sudah hampir sempurna.

"Selanjutnya untuk progress pekerjaan di dalam trek, seperti pengaspalan outer & inner service road 98%, pengaspalan track lane 68%,pengaspalan run-off 37%, run-off gravel 99% dan run-off grass 98%," lanjut mereka.

Sementara untuk tunnel, dikabarkan sudah selesai. Dilansir dari laman resmi MGPA, tunnel ini berfungsi sebagai akses penonton ke dalam area sirkuit, service area, hotel serta fasilitas lain di dalam area trek yang tetap akan beroperasi ketika balapan berlangsung.

"Kemudian ada pekerjaan yang sudah selesai 100% seperti tunnel utara dan tunnel selatan, serta pemasangan concrete barrier," tulis MGPA.

Perlu diketahui, proses homologasi yang akan dilangsungkan oleh pihak FIM dan Dorna ini tidak hanya meliputi trek, namun juga infrastruktur pendukung lomba.

Progres pembangunan Sirkuit MandalikaProgres pembangunan Sirkuit Mandalika Foto: dok. Mandalika Grand Prix Association

"Selain itu, untuk pekerjaan bangunan infrastruktur di dalam sirkuit seperti race control sudah mencapai 83.75% dan pondasi pit building mencapai 85.9%," tulis MGPA

"We are almost there, dalam hitungan hari Sirkuit Mandalika siap di homologasi!," tulis MGPA.

Proses homologasi ini berlangsung secara bertahap dan tahap pertamanya sudah berlangsung sejak April lalu.

"Homologasi adalah proses berkelanjutan yg dilakukan dalam pelaksanaan pembangunan sirkuit, agar memenuhi standar keamanan yang dipersyaratkan oleh FIM, secara prinsip proses homologasi telah berlangsung sejak tahap desain dan kedatangan Dorna serta FIM pada bulan April lalu, dan Sirkuit Mandalika pada akhir Juli ini siap melaksanakan proses lanjutan homologasi dari FIM," papar Chief Strategic anda Communication Mandalika Grand Prix Association(MGPA), Happy Harinto kepada detikOto pada Senin (19/7/21).



Simak Video "Sirkuit Mandalika Sudah Diaspal 100%, Siap Gelar WSBK Tahun Ini?"
[Gambas:Video 20detik]
(mhg/din)