Anies Pamer Cantiknya Skybridge MRT ASEAN-Halte Transjakarta CSW

Tim detikcom - detikOto
Senin, 09 Agu 2021 11:03 WIB
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memamerkan proyek jembatan layang atau skybridge yang mengintegrasikan halte TransJakarta Centrale Stichting Wederopbouw (CSW) dengan Stasiun MRT ASEAN. Skybridge tersebut rampung dikerjakan.

Anies mengunggah foto-foto cantiknya skybridge MRT ASEAN-Halte Transjakarta CSW dengan lampu warna-warni di malam hari. Menurut Anies, skybridge ini akan memudahkan warga Jakarta yang menggunakan layanan transportasi MRT dan TransJakarta.

"Harus naik turun ratusan anak tangga untuk berpindah moda, anak muda yang masih fit pun akan mandi keringat ketika mencoba transit dari Halte Transjakarta CSW ke Stasiun MRT ASEAN dan sebaliknya. Sebuah perjalanan yang menantang secara fisik karena dulu dua moda transportasi utama Jakarta ini tidak tersambungkan. Alhamdulillah, sebentar lagi kita tidak perlu bersusah payah untuk pindah antarmoda, karena Stasiun Integrasi Cakra Selaras Wahana (CSW) sudah hampir tuntas," tulis Anies di Instagramnya.

[Gambas:Instagram]

Anies mengatakan, proyek ini lebih dari sekadar skybridge cantik yang warna-warni dan terlihat indah di foto. Menurutnya, ini soal integrasi antarmoda transportasi yang dulu terpisah. "Ini upaya meningkatkan akses mobilitas, sebuah ruang ketiga yang menghubungkan antar warga," katanya.

"Jembatan layang ini menghubungkan antara Stasiun MRT ASEAN dengan Halte Transjakarta CSW yang melayani bus koridor 13, Halte CSW 2 dan Halte TJ Kejaksaan Agung dan Halte ASEAN (Koridor 1). Jembatan layang ini dilengkapi dengan eskalator, tangga, dan elevator/lift," sebutnya.

Kata dia, saat sudah terintegrasi mindset warga terhadap transportasi di Jakarta akan berubah. "Kendaraan umum bukan satu moda saja, tapi seluruh moda yang saling terkoneksi," tulisnya.

Stasiun Integrasi CSW akan dioperasikan mengikuti perkembangan penerapan PPKM. Menurut Anies, ketika sebagian besar warga telah terlindungi vaksin dan PPKM mulai dilonggarkan, Stasiun Integerasi CSW siap menjadi titik penghubung mobilitas warga.

Menurut Corporate Secretary PT Transjakarta Angelina Betris, pengerjaan proyek skybridge ini tinggal melakukan pemeliharaan dan perbaikan kerusakan akibat pembangunan.

Kata dia, konsep lampu warna-warni di jembatan itu sudah didesain pada perenanaan awal saat penilaian sayembara bersama Pemprov DKI Jakarta. Lampu warna-warni itu akan menyala secara otomatis pada pukul 18.00 WIB dan mati secara otomatis sekitar pukul 05.30 WIB.

"Adapun konsep warna lampu adalah berwarna-warni, namun bisa disesuaikan dengan momen-momen spesial seperti saat HUT RI maka lampu dapat disetting dengan warna Merah Putih," ujarnya.

(rgr/din)