Karoseri Brasil Rilis 2 Bus Baru, Tampil Ganteng dengan Kaca Single

Luthfi Anshori - detikOto
Selasa, 03 Agu 2021 14:09 WIB
Marcopolo G8
Foto: Marcopolo. Marcopolo G8 Paradiso double decker.
Jakarta -

Karoseri asal Brasil, Marcopolo, baru saja merilis dua bus baru jenis high decker dan double decker (bus tingkat). Bus tersebut memiliki desain gagah dan ganteng, bahkan pada model high deck hadir dengan konsep kaca depan single glass. Seperti apa detailnya?

Marcopolo merupakan pemain utama di industri karoseri Brasil. Perusahaan pembuat bodi bus ini menguasai 51,6% pangsa pasar. Dan untuk menegaskan eksistensinya, Marcopolo memperkenalkan Generation 8 atau G8. Marcopolo G8 terdiri dari dua varian, high deck Viaggio dan double decker Paradiso.

Marcopolo G8Marcopolo G8 Foto: Marcopolo

"Generasi 8 dirancang untuk membuat bus lebih aman, lebih nyaman, lebih efisien dan lebih menguntungkan. Tujuan kami adalah merancang kendaraan yang mampu mengubah pengalaman perjalanan", kata CEO Marcopolo, James Bellini, dikutip dari laman resmi Marcopolo.

Dari segi eksterior, Marcopolo G8 hadir dengan desain yang gagah nan futuristis. Pada model double decker, desain fascia depannya cukup elegan dengan model headlamp agresif ditunjang lampu LED.

Kemudian aksen selendang di bagian samping dibuat minimalis dengan garnish chrome. Selain bikin bus terlihat elegan, desain selendang seperti ini juga tidak akan mengganggu visibilitas para penumpang.

Marcopolo G8Marcopolo G8 Foto: Marcopolo

Kemudian untuk model high deck, juga tampil dengan desain yang identik. Dan yang menarik, pada model Viaggio ini kaca depannya menganut konsep single glass, sehingga akan sangat memanjakan penumpang karena pandangan ke depan sangat luas.

Marcopolo juga menjelaskan jika 2 model ini telah mengalami perbaikan dari sisi aerodinamika. Klaim Marcopolo ada peningkatan 11% dalam koefisien hambatan.

Selain itu, Marcopolo juga mengatakan sudah mengurangi penggunaan fiberglass hingga 80%, dan menggantinya dengan bahan baku dari polimer khusus yang digunakan dalam pembuatan bumper, grill depan, dan penutup belakang.

Marcopolo G8Marcopolo G8 Foto: Marcopolo

Penggunaan material polimer disebut akan menghasilkan suku cadang yang lebih ringan dan lebih tahan. Juga menawarkan fleksibilitas dan penyerapan benturan yang lebih besar, dan dapat dengan mudah diperbaiki atau didaur ulang.

Sedikit menengok ke dalam kabin, Marcopolo G8 menawarkan kursi penumpang yang dilengkapi sandaran tangan dan sandaran kaki, tersedia pula sabuk pengaman, cup holder, colokan USB, dan tentunya fasilitas toilet.

Marcopolo G8Marcopolo G8 Foto: Marcopolo
(lua/din)