Di Indonesia Masih Teriak 'Paket!', Kurir Antar Barang di Jepang Mulai Pakai Robot

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Rabu, 28 Jul 2021 18:23 WIB
Honda kembangkan Robot Pengantar Barang Pengganti Kurir di Jepang
Robot Pengantar Barang Pengganti Kurir (dok.Honda)
Jakarta -

Zaman sekarang sudah semakin canggih. Robot yang membantu aktivitas manusia sudah mulai digunakan untuk berbagai fungsi. Ke depannya, akan ada robot pengirim barang.

Hal itu dikembangkan oleh Honda Motor Co., Ltd. dan Rakuten Group Co., Ltd. Honda dan Rakuten melakukan percobaan demonstrasi robot pengiriman otomatis ramah lingkungan yang dikembangkan bersama. Percobaan ini dilakukan di sekitar asrama Universitas Tsukuba dan beberapa jalan umum yang dimulai pada 19 Juli-31 Agustus 2021.

Robot pengirim barang ini dibutuhkan selama masa pandemi COVID-19. Soalnya, efek dari pandemi membuat kebutuhan untuk pengiriman jarak jauh tanpa kontak fisik meningkat.

Apalagi di Jepang, tenaga kerja pengiriman terus berkurang karena penurunan angka kelahiran dan populasi orang tua meningkat. Penggunaan robot sebagai pengganti kurir pengantar barang menjadi solusi dari masalah sosial yang terjadi khususnya di Jepang.

Untuk mengatasi masalah itu, Honda menggandeng Rakuten untuk meneliti robot pengiriman otomatis dengan memanfaatkan teknologi robotika yang telah diteliti Honda selama bertahun-tahun dengan pengetahuan layanan pengiriman dari Rakuten.

Honda kembangkan Robot Pengantar Barang Pengganti Kurir di JepangHonda kembangkan Robot Pengantar Barang Pengganti Kurir di Jepang Foto: Dok. Honda

Pada projek ini, Honda memiliki peran dalam pengembangan pesawat dan sistem serta pemeriksaan spesifikasi dan melakukan demonstrasi teknis. Robot ini dilengkapi dengan kotak pengantaran produk yang dikembangkan oleh Rakuten pada sasis. Robot hasil kolaborasi Honda dan Rakuten dilengkapi dengan fungsi pengantaran otomatis yang dikembangkan oleh Honda dengan menggunakan Honda Mobile Power Pack yang digunakan sebagai sumber daya.

Kini, robot pengantar barang yang dikembangkan Honda dan Rakuten melakukan demonstrasi dengan dukungan dari New Energy and Industrial Technology Development Organization (NEDO).

Honda mengklaim, ke depan akan terus berkontribusi untuk mewujudkan kehidupan masyarakat yang berkelanjutan dengan memecahkan masalah sosial melalui penggunaan teknologi robotika dan mempromosikan penggunaan energi terbarukan.



Simak Video "Wow! Ada Robot yang Bisa Berkamuflase Seperti Bunglon"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)