Dulu Setia Pakai Hino, PO Sinar Jaya Akhirnya Kepincut Sasis Mercedes-Benz Juga

Luthfi Anshori - detikOto
Selasa, 27 Jul 2021 13:53 WIB
PO Sinar Jaya
Dulu fans sasis Hino, sekarang PO Sinar Jaya mulai gunakan sasis premium. Foto: Dok. Sinar Jaya Group
Jakarta -

PO Sinar Jaya dikenal sebagai PO (Perusahaan Otobus) yang identik dengan sasis Hino. Betapa tidak, sebagian besar armada bus PO Sinar Jaya memakai produk sasis Hino. Tapi yang menarik, sekarang PO Sinar Jaya mulai melirik sasis premium seperti Mercedes-Benz untuk dipakai pada armada transportasi penumpangnya.

Sebagai informasi, Sinar Jaya Group didirikan pada 1969 oleh H. Rasidin Karyana. Anak perusahaan PO Sinar Jaya, melayani transportasi publik khusus bus AKAP (Antar Kota Antar Provinsi), bus AKDP (Antar Kota Dalam Provinsi), bus pariwisata, bus kota, dan bus antar-jemput karyawan.

PO Sinar JayaPO Sinar Jaya Foto: Dok. Sinar Jaya Group

PO Sinar Jaya diketahui gemar menggunakan sasis bus asal Jepang, Hino. Tercatat, PO yang bermarkas di Cibitung, Bekasi, ini sudah menggunakan banyak tipe sasis Hino, seperti seri RG yang kemudian berganti RK8, lalu Hino RN 285, hingga Hino RK Turbo.

Namun itu cerita dulu, sebab sekarang PO Sinar Jaya juga mulai melirik sasis premium dari Eropa seperti Mercedes-Benz. Hal ini terjadi seiring membaiknya infrastruktur jalanan di pulau Jawa dengan adanya jalan tol Trans Jawa.

"Yang menarik juga, kan Sinar Jaya dikenal always (selalu) Hino, sekarang (dia mulai juga) pakai Mercy," ungkap Ketua Umum BisMania Community, Zaenal Arifin, kepada detikOto, Senin (26/7/2021).

PO Sinar JayaPO Sinar Jaya Foto: Dok. Sinar Jaya Group

Menurut Zaenal, sasis Mercedes-Benz di PO Sinar Jaya ada di berbagai jenis bus, dari bus medium hingga bus double decker atau bus tingkat. "Bus medium pakai sasis OF 917 sama OH 1626 (di armada sleeper bus)," lanjut Zaenal.

Sementara untuk armada bus tingkat, PO Sinar Jaya menggunakan sasis Mercedes-Benz OC 500 RF 2542, yang memakai konfigurasi tiga gandar atau tiga poros roda.

Selain memperbaiki kualitas armada bus dengan penggunaan sasis premium, menurut Zaenal PO Sinar Jaya juga mulai meningkatkan kualitas layanannya termasuk menambah trayek.

"Dia (PO Sinar Jaya) sekarang sudah keluar dari zona nyaman, dengan merubah jumlah seat (agar lebih nyaman untuk penumpang), membuka rute-rute jauh, kayak ke Surabaya, bahkan hingga ke Madura," sambung Zaenal.

PO Sinar JayaPO Sinar Jaya Foto: Dok. Sinar Jaya Group

Sebelumnya, armada PO Sinar Jaya hanya melayani rute Jakarta ke sejumlah wilayah Jawa Tengah, seperti Tegal, Slawi, Bumiayu, Purwokerto, Bobotsari, Purbalingga, hingga Wonosobo.

Seiring berjalan waktu, PO Sinar Jaya pun melebarkan sayapnya. PO ini kemudian membuka rute-rute baru, seperti Jakarta-Jogjakarta, Jakarta-Surabaya, Jakarta-Solo, dan masih banyak lainnya.

Bus-bus PO Sinar Jaya sebelumnya banyak menggunakan sasis buatan Hino. Namun seiring membaiknya infrastruktur jalanan di Jawa, PO Sinar Jaya mulai menggunakan sasis premium seperti Mercedes-Benz. Untuk bodi busnya sendiri, mayoritas armada PO Sinar Jaya menggunakan bodi buatan Adiputro, Laksana, dan Rahayu Santosa.

(lua/lth)