Dijuluki Bus Sejuta Umat, PO Sinar Jaya Juga Jadi Pionir Sleeper Bus di Indonesia

Luthfi Anshori - detikOto
Selasa, 27 Jul 2021 07:09 WIB
PO Sinar Jaya
PO Sinar Jaya menjadi pionir sleeper bus di Indonesia. Foto: Dok. Sinar Jaya Group
Jakarta -

PO Sinar Jaya dikenal dengan julukan bus sejuta umat karena jumlah armadanya yang banyak, terutama untuk trayek ke Jawa Tengah. Tak hanya itu, PO yang punya nama panggilan Sinjay ini juga menjadi salah satu pionir penggunaan armada sleeper bus di Indonesia.

Sedikit menengok ke belakang, pada pameran GIIAS 2019 lalu, karoseri Laksana memamerkan produk sleeper bus pertama di Indonesia, yang memiliki nama Laksana Legacy SR2 Suites Class. Bus dengan konsep kursi rebahan tersebut ternyata milik PO Sinar Jaya yang kemudian digunakan untuk trayek Jakarta-Surabaya, sebelum akhirnya dialihkan untuk rute Jakarta-Jogjakarta.

Dari segi kapasitas penumpang, sleeper bus PO Sinar Jaya bisa menampung hingga 22 penumpang. Bus ini menawarkan privasi lebih untuk penumpang dengan konsep seperti hotel kapsul. Selain itu, kursi di bus ini juga bisa direbahkan hingga kemiringan 150 derajat.

Bus suites class PO Sinar JayaBus suites class PO Sinar Jaya Foto: Dok. Laksana

Adapun fasilitas yang diberikan antara lain Audio Video On Demand (AVOD) di setiap kabin penumpang, colokan USB untuk mengisi gawai penumpang, hingga fasilitas toilet.

Nah, pada bulan Mei tahun ini, PO Sinar Jaya kembali merilis 6 unit sleeper bus buatan Laksana. Secara eksterior, 6 unit sleeper bus PO Sinar Jaya ini masih mempertahankan desain eksterior lama, dengan warna dasar putih dan livery berwarna pelangi.

Adapun perubahan ada di bagian desain selendang yang mengadopsi S-Series. Desain selendang ini terlihat lebih elegan dan modern, dengan bentuk lebih tipis dan menyambung dengan desain spion dan penyekat kaca depan alias topi. Pada model lama, selendang berbentuk bumerang ini punya desain yang lebih besar dan menyambung ke bodi samping.

Bus suites class PO Sinar JayaBus suites class PO Sinar Jaya Foto: Dok. Laksana

Sementara untuk bagian sasis dan mesin, bus suites class PO Sinar Jaya sekarang menggunakan Mercedes-Benz OH 1626. Sasis ini menggunakan mesin berkapasitas 6.374 cc, OM 906 LA Euro 3 Diesel, 6-Silinder Segaris, Direct Injection, dengan Turbocharger dan Intercooler.

Mesin itu bisa menghasilkan tenaga puncak 191 KW (260 dk) pada 2.200 rpm dan torsi maksimum 950 Nm di rentang 1.200-1.600 rpm. Tenaga tersebut disalurkan melalui pilihan transmisi manual 6 percepatan atau transmisi otomatis 6 percepatan.

Sleeper bus PO Sinar Jaya melayani rute Jakarta-Surabaya dengan tarif Rp 480.000. Selain itu, ada juga trayek Jakarta-Yogyakarta yang memiliki tarif Rp 350.000.

(lua/din)