Intip Spesifikasi Kapal Perang India yang Kirim Bantuan Oksigen untuk Indonesia

Luthfi Anshori - detikOto
Senin, 26 Jul 2021 08:16 WIB
Kapal perang India INS Airavat mengirim bantuan oksigen ke Indonesia
Kapal perang India INS Airavat mengirim bantuan oksigen ke Indonesia (Facebook: Indian Navy)
Jakarta -

Kapal Angkatan Laut (AL) India, INS Airavat, akhirnya tiba di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, pada 24 Juli 2021. Kapal perang pengangkut logistik ini membawa bantuan oksigen untuk Indonesia yang sedang mengalami peningkatan kasus virus Corona sejak awal bulan Juli ini. Lalu seperti apa ya spesifikasi kapal perang India, INS Airavat, ini?

Indonesia sedang mengalami gelombang kedua pandemi virus Corona (COVID-19). Bahkan kasus harian pasien positif sempat menyentuh angka di atas lima puluh ribu kasus. Selain vaksin, Indonesia juga membutuhkan banyak tabung oksigen seiring meningkatnya jumlah pasien yang mengalami gejala sedang.

India menjadi salah satu negara yang turut membantu Indonesia dalam penyediaan kebutuhan oksigen. Dikutip dari situs resmi Pemerintah India, kapal angkatan laut, INS Airavat, telah mengirimkan bantuan lima kontainer Cryogenic berisi 100 MT oksigen cair dan 300 oksigen konsentrat. Hal ini demi mendukung Pemerintah Indonesia dalam memerangi pandemi yang sedang berlangsung.

Kapal perang India INS Airavat mengirim bantuan oksigen ke IndonesiaKapal perang India INS Airavat mengirim bantuan oksigen ke Indonesia Foto: Facebook Indian Navy

Masih menurut situs resmi Pemerintah India, INS Airavat merupakan kapal perang jenis Landing Ship Tank (Large) dengan peran utama untuk melakukan operasi amfibi dan mampu membawa banyak kendaraan tank, kendaraan amfibi, dan kargo militer lainnya.

Kapal tersebut juga bisa dikerahkan untuk operasi bantuan HADR (High Availability Disaster Recovery) dan disebut telah menjadi bagian berbagai upaya pengiriman bantuan di seluruh wilayah Samudera Hindia. INS Airavat sendiri merupakan salah satu dari sembilan kapal AL India yang dikerahkan untuk membantu penanganan pandemi COVID-19 di negara-negara sahabat India.

Kapal perang India INS Airavat mengirim bantuan oksigen ke IndonesiaKapal perang India INS Airavat mengirim bantuan oksigen ke Indonesia Foto: Facebook Indian Navy

Dikutip dari berbagai situs, INS Airavat merupakan kapal perang buatan lokal yang dibangun fasilitas galangan, Garden Reach Shipbuilders & Engineers di Kolkata, West Bengal, India. Kapal ini memiliki panjang sekira 125 meter dengan lebar 17,5 meter. Bobotnya sendiri mencapai 5.650 ton. Soal kapasitas angkut, kapal ini bisa membawa 500 pasukan, 11 unit tank, dan 10 unit truk atau ranpur. Kapal ini bisa menampung 11 perwira dan 145 ABK.

"India dan Indonesia menikmati ikatan budaya dan komersial yang erat. Kedua negara telah bekerja sama dalam domain maritim menuju Indo-Pasifik yang lebih aman. TNI AL secara rutin melakukan latihan gabungan angkatan laut berupa latihan bilateral dan patroli terkoordinasi," tulis keterangan Pemerintah India.

(lua/riar)