Dilanda Banjir, Sirkuit Nurburgring Disulap Jadi Pusat Bantuan Bencana

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Jumat, 23 Jul 2021 08:28 WIB
CIRCUIT NÜRBURGRING
Penampakan Sirkuit Nurburgring yang saat ini digunakan sebagai pusat penanganan bencana banjir di JermanFoto: NÜRBURGRING
Jakarta -

Banjir bandang melanda beberapa negara di Eropa Barat dan sebagian kota di Jerman terdampak oleh banjir ini.

Sebagai langkah penanganan bencana, pemerintah Jerman menyulap Sirkuit Nurburgring, yang biasa digunakan untuk ajang balap mobil, menjadi pusat bantuan bencana.

Dilansir dari laman resmi Nurburgring, mereka saat ini membatalkan seluruh agenda yang rencananya akan dilaksanakan di sirkuit ini.

Pembatalan tersebut karena situasi genting yang saat ini melanda daerah Ahrweiler dan Nurburgring menjadi pusat beragam pasukan darurat.

"Nürburgring telah menjadi tempat bantuan dan solidaritas yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam bencana banjir ini," papar Kepala Negara Bagian Rhineland-Palatinate, Malu Dreyer, seperti yang dikutip oleh Nurburgring pada Kamis (22/7/21) lalu.

Tercatat, lebih dari 60 ribu meter persegi area Sirkuit Nurburgring digunakan sebagai pusat bantuan bencana ini. Bahkan, area parkir, area pertunjukan hingga paddock pun disulap untuk penanganan banjir ini.

"Di area pertunjukkan Bitburger, banyak donasi dalam bentuk barang saat ini masih disortir oleh para sukarelawan. Distribusi ke desa-desa akan dilakukan dengan helikopter dan kendaraan layanan darurat. Namun, warga yang terkena dampak juga dapat mengambil sendiri barang-barang yang dibutuhkan di Bitburger," tulis Nurburgring.

Nurburgring tercatat akan menjadi tuan rumah acara FIA World Rallycross Championship dan ADAC Racing Weekend pada 30 Juli hingga 1 Agustus 2021 mendatang.

Selain itu, ajang ADAC GT Masters juga akan diselenggarakan di Sirkuit legendaris ini pada 6 hingga 8 Agustus 2021 mendatang. Namun, acara tersebut tentunya harus dibatalkan karena kondisi darurat yang terjadi di Jerman.

Terakhir, Nurburgring menjadi saksi dari Eifel Grand Prix 2020 lalu. Pada balapan yang digelar di sirkuit sepanjang 5.148 m ini, Lewis Hamilton dengan Mercedes-nya keluar sebagai pemenang.



Simak Video "Kagetnya Angela Merkel Melihat Dampak Banjir Jerman"
[Gambas:Video 20detik]
(mhg/rgr)