Banjir Besar di China, Mobil Terendam Seatap dan Banyak Terapung di Jalan

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Kamis, 22 Jul 2021 20:34 WIB
Damaged cars and debris are seen on a muddy road after severe flooding and landslide in recent days have hit the county-level Gongyi city, near Zhengzhou, in central Chinas Henan province on July 22, 2021. (Photo by JADE GAO / AFP)
Mobil tumpang tindih dalam keadaan rusak parah setelah banjir besar melanda Provinsi Henan di China (AFP/JADE GAO)
Jakarta -

Hujan deras yang mengguyur China dalam beberapa hari terakhir menyebabkan banjir besar. Alhasil, ratusan ribu warga harus dievakuasi ke tempat aman. Banjir di China juga melumpuhkan sejumlah fasilitas, akses jalan dan merendam ratusan kendaraan hingga tinggi seatap mobil.

Dalam tiga hari terakhir, intensitas hujan di China meningkat drastis dan menyebabkan banjir di sejumlah provinsi. Salah satu yang terparah terjadi di provinsi Henan, China, yang menyebabkan puluhan mobil terendam hingga hanyut terbawa derasnya arus banjir.

Dikutip dari akun media sosial Instagram Guardian, dalam video yang diunggah terlihat puluhan kendaraan terendam banjir hampir setinggi atap mobil. Bahkan, beberapa di antaranya sampai mengapung dan terbalik.

Video tersebut juga memperlihatkan sejumlah mobil yang mengambang terseret banjir. Hal ini menunjukkan jika arus banjir cukup deras hingga bisa menghanyutkan mobil yang punya bobot cukup berat.

"Provinsi Henan, China, menghadapi banjir ekstrim setelah diguyur hujan hanya dalam tiga hari. Di media sosial, sejumlah video menunjukan ratusan mobil mengambang di jalan-jalan utama, penumpang terjebak di kereta bawah tanah dan sejumlah masyarakat membantu seseorang yang terjebak arus banjir," tulis akun Guardian di Instagram.

Dikutip dari CNN, Zhengzhou yang merupakan Ibu Kota Provinsi Henan, tengah dilanda banjir parah dalam beberapa jam terakhir. Sampai saat ini, 25 orang dilaporkan meninggal dunia dan lebih dari 200 ribu warga telah dievakuasi ke tempat yang lebih aman.

Damaged cars and debris are seen on a muddy road after severe flooding and landslide in recent days have hit the county-level Gongyi city, near Zhengzhou, in central Chinas Henan province on July 22, 2021. (Photo by JADE GAO / AFP)Banjir Besar di China, Mobil Terendam Seatap dan Banyak Terapung di Jalan Foto: AFP/JADE GAO

Derasnya hujan di kota berpenduduk 10 juta orang itu membuat pemerintah China mengerahkan lebih dari 6.000 petugas pemadam kebakaran, serta 2.000 anggota polisi dan militer China untuk membantu mengatasi banjir.

Perubahan iklim yang ekstrim tidak terjadi di China saja, beberapa waktu lalu sejumlah wilayah di Jerman diterjang banjir bandang yang menyebabkan ratusan orang meninggal dunia dan beberapa di antaranya masih hilang.

Dikutip dari berbagai sumber, banjir bandang di Jerman juga menyebabkan sejumlah akses jalan terputus. Selain itu, ribuan kendaraan rusak berat karena hanyut akibat derasnya arus banjir.



Simak Video "Banjir Melanda China, Lebih dari 70.000 Warga Dievakuasi"
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)