Bukan Candaan, Ini Asal Muasal Hadirnya Tambal Ban Online di Purwokerto

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Selasa, 20 Jul 2021 07:33 WIB
Tambal ban online
Tambal ban online Foto: Instagram @tambalbanoline_pwt
Purwokerto -

Saat masa pandemi COVID-19 seperti ini, banyak pengusaha memutar otak untuk tetap bisa berjualan meski sepi peminat. Salah satu caranya adalah berjualan dengan sistem online, termasuk jasa tambal ban yang satu ini.

Iya, kalian tidak salah dengar, jasa tambal ban online ini ternyata sudah hadir di tengah masyarakat. Pada awalnya, tambal ban online dianggap sebagai sebuah lelucon beberapa waktu lalu dan videonya sempat viral di sejumlah media sosial.

Namun, jauh sebelum video tersebar viral ternyata jasa tambal ban online ini sudah ada. Seseorang dibalik ide tersebut adalah pria bernama Bowo.

Dia kemudian membuka usaha tambal ban yang bisa dipesan secara online. Tapi sayangnya, jasa ini baru bisa dilayani Bowo untuk para pengendara motor di sekitar kota Purwokerto, Jawa Tengah.

Saat dihubungi detikOto, Bowo bercerita asal mula kenapa membuka jasa tambal ban online. Bowo mengatakan jika usaha ini dibuat karena atas pengalaman pribadinya di masa lalu.

"Jadi awal mulanya itu dulu saya malam-malam pernah jalan bareng Istri dan anak, terus ban motor saya tiba-tiba bocor. Tapi saat itu posisinya sudah malam dan nyari tukang tambal ban jauh banget, akhirnya mau nggak mau terpaksa dorong. Terus dari situ akhirnya saya beli alat tambal ban sendiri, semisal lagi pergi kerja atau jalan-jalan selalu dibawa di motor," kata Bowo saat dihubungi detikOto, Senin (19/7/2021).

"Terus sekitar awal April 2020 saya resign dari tempat kerja, dari situ saya belum concern ke tambal ban dan masih fokus jualan dulu. Terus tiap pagi dan malam saya nyambi jadi tukang tambal ban, tapi seiring adanya pandemi jualan saya malah turun, akhirnya saya coba fokus usaha tambal ban online saja dan sempat posting di Facebook, eh ternyata banyak yang respon. Nah akhirnya, saya terus fokus ke usaha tambal ban online sampai sekarang," sambungnya.

Bowo menyebut jika sebelum ia terjun ke usaha tambal ban online ini dirinya sempat kerja di suatu perusahaan. Setelah keluar dari tempat kerjanya, ia pun belajar secara otodidak untuk bisa memulai bisnis tersebut.

"Awalnya kalau tambal ban ini belajar secara otodidak, saya awalnya beli alat tambal bannya dulu terus coba sendiri di rumah. Tapi saya merasa ada yang kurang, akhirnya saya buka YouTube buat belajar dari situ, terus ada juga grup tambal ban di Facebook, nah saya belajar dari situ juga dan terus menerus hampir satu tahun lamanya," ungkap Bowo.

Dirinya kemudian fokus ke dunia tambal ban online Purwokerto pada September 2020. Hingga sekarang, Bowo masih bekerja dan melayani konsumen secara mandiri tanpa dibantu orang lain.

Kini, Bowo juga tengah belajar cara memperbaiki ban mobil yang mengalami bocor. Meski begitu, ia mengaku belum memiliki alat yang mumpuni untuk bisa membetulkan ban mobil.

"Bisa sih, kalau untuk sekarang mulai belajar memperbaiki ban mobil pribadi sudah bisa, khususnya yang ban tubeless. Tapi saya belum punya alat yang mumpuni, jadi sekarang saya fokus ke sepeda motor saja," pungkasnya.

Dalam melebarkan usahanya, Bowo juga mempromosikan jasanya ke media sosial seperti Instagram dan Facebook. Untuk akun Instagramnya bisa dikunjungi dengan akun @tambalbanonline_pwt dan akun Facebooknya Tambal Ban Online Purwokerto.



Simak Video "Bukan Guyonan, Tambal Ban Online Beneran Ada Lho!"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/riar)