Mahalnya Biaya Parkir Kapal Pesiar, Sehari Bisa Habis Rp 420 Juta

Luthfi Anshori - detikOto
Senin, 19 Jul 2021 20:25 WIB
Kapal pesiar Disney
Mahal banget, biaya parkir kapal pesiar per hari bisa tembus Rp 420 juta. Foto: (iStock)
Jakarta -

Kapal pesiar merupakan alat transportasi mahal yang hanya bisa dinaiki oleh orang-orang berkocek tebal. Kapal pesiar juga memiliki biaya operasional yang super mahal, bahkan untuk biaya parkir kapal pesiar di dermaga saja bisa mencapai Rp 420 juta per harinya.

Informasi mengenai biaya parkir kapal pesiar tersebut diunggah oleh akun TikTok @vincent.hulu. Dalam sebuah postingan video pendek di TikTok, Vincent yang memang bekerja di kapal pesiar, menjelaskan secara detail soal besaran biaya parkir kapal pesiar per harinya. detikOto juga sudah mendapatkan izin untuk mengutip penjelasan Vincent.

Menurut Vincent, biaya parkir kapal pesiar di pelabuhan per harinya bisa mencapai Rp 420 juta atau sekitar USD 30.000. "Percaya atau tidak, rinciannya sebagai berikut, pagi-pagi kita nyampai di port (pelabuhan) sekitar jam 5 atau 6 pagi dan kita harus kembali sailing atau berlayar sekitar jam 5 sore, hitungannya 12 jam. Dan itu (biaya parkirnya) sekitar 30 ribu US Dollar," jelas Vincent.

Karena biaya parkirnya yang sangat mahal, kapal pesiar pun tidak bisa lama-lama sandar di pelabuhan. Bahkan menurut penuturan Vincent, jika ada penumpang yang telat naik ke kapal pesiar, maka pihak pengelola kapal pesiar tersebut pun lebih memilih untuk meninggalkannya.

@vincent.hulu

AUTO KAYA ##parkir ##tukangparkir ##pelautindonesia ##pelautpunyacerita ##comedyweek ##bahastontonan ##fyp ##fypシ ##fypシ゚viral ##fypgakni ##fypchallenge

♬ original sound - vincenthulu


"Makanya setiap ada passanger (penumpang) yang telat datang ke kapal pesiar, kita tinggal saja. Soalnya kalau misalnya extend, mahal bro biaya parkirnya," lanjut Vincent.

Lanjut Vincent menjelaskan, besaran biaya parkir kapal pesiar yang tinggi itu biasanya ada di pelabuhan-pelabuhan yang sibuk. "Atau di negara-negara seperti Jerman, US, Miami, New York, Italia, seperti inilah. Jadi port-port tersebut memang port-port yang sibuk dan biaya parkirnya mahal," ungkap Vincent.

(lua/din)