Ibu-ibu Bawa Uang Receh Beli Toyota Rush, Tenteng Puluhan Toples, 8 Kresek, dan Satu Kardus

Ridwan Arifin - detikOto
Jumat, 16 Jul 2021 08:09 WIB
Bulukumba -

Viral di media sosial pasutri asal Bulukumba, Sulawesi Selatan menebus satu unit Toyota Rush 1.5 M/T TRD senilai Rp 267.800.000 menggunakan uang receh. Karyawan dealer Toyota Kalla Bulukumba saat ini tengah sibuk menghitung uang yang dikumpulkan tersebut.

Marni (46) menceritakan bahwa uang yang dikumpulkannya itu lebih dari 5 tahun lalu. Uang receh tersebut memang diniatkan untuk membeli mobil impiannya.

"Saya sebenarnya menabung selama ini karena aku mau membeli mobil pribadi, katanya (suami) 'kapan sampainya', kalau tidak ada halangan kita panjang umur, 'kapan-kapan saja' kubilang. Alhamdulillah kemarin sudah tercapai impian saya," kata Marni saat dihubungi detikcom, Kamis (15/7/2021).

Marni dan suaminya, Hengki merupakan pedagang berbagai macam barang, mulai dari obat-obatan, aksesoris hingga mainan anak-anak. Semuanya dijual di pasar sekitaran Pasar Bulukumba.

"Saya dulu usahanya kecil sekali, alhamdulillah sekarang sedikit demi sedikit sudah mulai membesar. (usaha) campuran, termasuk (menjual) obat, alat-alat tulis, tissue, campur juga kosmetik, aksesoris, saya pertama dulu bisnis cuma obat," kata Marni.

"Setelah itu saya menjual buku, bukan saya matikan (berhenti penjualan) obatku, setelah itu menjual aksesoris seperti perhiasan, mainan anak-anak, ikat rambut, bronze, terus saya bertambah lagi beberapa tahun yang lalu kosmetik," terang dia.

Sisa uang receh hasil berjualannya kemudian ditabung oleh Marni. Bahkan suaminya tidak mengetahui aksi rajin menabung istrinya tersebut.

"Saya selalu bilang sama bapak, pak ini uangku sudah banyak, karena saya menyimpan ini pun bapak tidak tahu, baru 2 tahun ini baru tahu, karena sudah banyak itu uang," cerita dia.

Suandi Bali, Marketing Toyota Kalla Bulukumba, Sulawesi Selatan tak menyangka jika konsumennya bernama Marni (46) datang membayar dengan kumpulan uang receh. Saat ini rekan-rekannya tengah menghitung berapa uang receh dikumpulkan Marni.

"Saat pertama kali pesan mobil. Saya tidak pernah berpikir bahwa ibu ini mau pelunasan di kantor menggunakan uang koin," kata Suandi saat dihubungi detikcom, Kamis (15/7/2021).

Marni bersama suaminya diketahui datang ke dealer itu untuk menebus Toyota Rush senilai Rp 267.800.000 sambil membawa puluhan toples, hingga kresek, Rabu (15/7) lalu. Setelah dibuka ternyata berisi pecahan uang senilai Rp 500 hingga Rp 5 ribu.

"Ada itu topless kurang lebih 20 toples untuk koinnya kalau tidak salah," kata Suandi saat dihubungi detikcom, Rabu (15/7/2021).

"Ada juga pakai kantong kresek, sekitar delapan kantong Rp 500 rupiah. Uang kertasnya pakai dus besar, satu kardus pecahan Rp 1.000, Rp 2.000, dan Rp 5.000, paling banyak Rp 1.000," sambung dia.

Saat ini pihak dealer masih menghitung uang receh yang dimiliki Marni. Adapun, Suandi mengatakan uang yang sudah masuk ke dealer sekitar Rp 210 juta ditransfer, sementara uang receh ini tengah dihitung bersama rekan-rekan dealer Kalla Toyota Bulukumba. Namun mobilnya sudah dikirim ke rumah ibu dari tiga anak tersebut.

"Sudah dikirim mobil, kemarin jam 5 sudah dibawa ke rumah," kata Suandi.

"Seharusnya tidak dikeluarkan dari kantor, karena belum rekap semua dananya, tapi kebijakan kantor makanya kita saling percaya, ibu juga kalau lebih uangnya, pihak kantor kasih kembali, kalau misalnya tidak cukup, maka ibu yang akan cukupkan," terang Suandi.

(riar/din)