Bikin SIM Bulan Depan Bisa Online, Tapi Ujian Praktik Harus ke Satpas

Ridwan Arifin - detikOto
Selasa, 13 Jul 2021 10:27 WIB
Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri resmi meluncurkan layanan SINAR atau SIM Nasional Presisi, yakni pelayanan SIM secara online. Layanan SINAR itu bisa dinikmati melalui aplikasi Digital Korlantas Polri.
Bikin SIM Baru bisa lewat aplikasi SINAR Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Aplikasi Digital Korlantas Polri yang di dalamnya memuat SINAR (SIM Nasional Presisi) kini baru tersedia layanan perpanjangan SIM C dan SIM A. Korlantas menargetkan aplikasi ini bakal diperluas berupa pelayanan pembuatan SIM baru pada Agustus 2021.

Kasi Standar Subdit SIM Regident Korps Lalu Lintas Polri AKBP Arief Budiman mengatakan dalam hal pembuatan SIM baru bisa melakukan registrasi, ujian teori, tes kesehatan secara daring. Namun ujian praktiknya harus tetap datang ke Satpas SIM.

"Dalam waktu dekat ini, mudah-mudahan di bulan Agustus juga, kita sudah bikin aplikasi registrasi SIM online," kata Arief dalam YouTube NTMC Channel, dikutip Senin (13/7/2021).

Layanan itu bisa dilakukan secara online tanpa kehadiran pemohon, di antaranya uji teori sim secara online, lalu layanan pemeriksaan psikologi melalui aplikasi E-PPsi, dan layanan pemeriksaan kesehatan melalui aplikasi E-Rikkes.

"Jadi registrasinya online, menggunakan aplikasi SINAR juga, manakala nanti sudah memenuhi syarat, itu nanti tinggal memilih lokasi Satpas, dan jadwal kedatangan yang kita inginkan, untuk kemudian datang ke Satpas melakukan ujian praktek," papar Arief.

Setelah dinyatakan lulus pada tahap ujian teori dan kesehatan, pemohon diwajibkan datang ke satpas untuk menjalani ujian praktek. Jika lulus, baru SIM akan dicetak.

"Begitu lulus ujian praktek, SIM-nya akan langsung dicetak," sambung Arief.

Berikut ini alur pembuatan SIM melalui aplikasi Digital Korlantas Polri pada menu layanan SINAR seperti dalam diskusi yang pernah disampaikan beberapa waktu yang lalu:

1. Download aplikasi
2. Registrasi (NIK)
3. Face recognition
4. Pilih jenis SIM
5. Pembayaran PNBP SIM baru
6. Ujian teori online yang didahului simulasi contoh soal
7. Lulus dan mendapat QR Code
8. Pilih Satpas
9. Pilih jadwal ujian praktik.

[Gambas:Youtube]



(riar/lua)