Cuma di Cianjur! Monumen Knalpot Bising 'Korban' Tilang

Ismet Selamet - detikOto
Selasa, 15 Jun 2021 18:41 WIB
Monumen Knalpot Bising di Cianjur
Monumen Knalpot bising di Cianjur Jawa Barat Foto: Ismet Selamet/detik.com
Cianjur -

Keseriusan kota Cianjur dalam menindak pemotor nakal yang menggunakan knalpot bising bukan isapan jempol semata. Bahkan saking seriusnya, knalpot hasil razia di Cianjur dijadikan monumen sebagai pengingat dan peringatan bagi pemilik kendaraan untuk tidak menimbulkan kebisingan.

Kasat Lantas Polres Cianjur AKP Meilawaty mengatakan penindakan knalpot bising mulai dilakukan belum lama ini, mengingat banyaknya laporan dari masyarakat yang terganggu dengan suara bising yang dihasilkan.

"Dari laporan masyarakat itu, kami gencar melakukan penindakan. Pengendaranya kami tindak agar mengganti knalpotnya dengan yang sesuai aturan," ucap dia.

Menurutnya knalpot bising yang sudah diganti itu kemudian diserahkan secara sukarela oleh pemilik kendaraan. Puluhan knalpot itu dijadikan satu dan dibangun monumen dengan tinggi lebih kurang empat meter di depan halaman Mapolres Cianjur.

"Kita bangun monumen knalpot bising yang bahannya didapat dari pengendara yang terjaring, tapi mereka menyerahkan dengan sukarela. Monumen itu akan jadi peringatan agar pengendara tetap mematuhi aturan dengan tidak menggunakan knalpot bising," ucapnya.

Monumen Knalpot Bising di CianjurMonumen Knalpot Bising di Cianjur Foto: Ismet Selamet/detik.com

Ia mengaku akan menindak semua kendaraan yang menggunakan knalpot bising, termasuk sepeda motor custom dan mobil. Selain itu Meilawaty juga mengatakan akan terus melakukan pembinaan kepada para pengusaha bengkel custom agar bersinergi dengan aturan yang ada.

"Semua kita tindak, tanpa terkecuali. Kita juga akan coba sosialisasikan dan lakukan pembinaan secara intensif, supaya semua pihak bisa bekerjasama dalam menegakkan aturan tersebut," pungkasnya.



Simak Video "Gegayaan, Pengendara di Subang Terjaring Razia Knalpot Bising"
[Gambas:Video 20detik]
(bbn/lth)