Puluhan Ribu Orang Berhasil, Aplikasi Bikin-Perpanjang SIM SIM Online Naik Ratingnya

Ridwan Arifin - detikOto
Jumat, 11 Jun 2021 13:23 WIB
Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri resmi meluncurkan layanan SINAR atau SIM Nasional Presisi, yakni pelayanan SIM secara online. Layanan SINAR itu bisa dinikmati melalui aplikasi Digital Korlantas Polri.
Digital Korlantas Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri sudah memperkenalkan aplikasi Digital Korlantas Polri. Pada awal peluncuran pada april lalu, SINAR (SIM Presisi Nasional) tersebut banyak dikeluhkan, bagaimana sekarang?

Dalam catatan detikOto, rating aplikasi Korlantas Polri ini mendapat 2.0 di Google Play Store pada Jumat (16/4). Banyak pengguna yang mengeluhkan tidak bisa melakukan pendaftaran.

"Does not working. Nothing happens after inputing mobil number," tulis pemilik akun Adhi Mukmin pada kolom komentar.

"RPC timeout. Not able to login inti aplication," tambah dwijoko purnomo.

Berdasarkan pengalaman kami di awal-awal peluncuran aplikasi saat melakukan pendaftaran menemui beberapa masalah. Saatdiwajibkan memasukkan nomor telepon untuk nantinya mendapat kode OTP. Namun setelah batas waktu menunggu habis, OTP tak kunjung dikirim ke nomor HP. Bahkan setelah dicoba beberapa kali, kondisi serupa masih terjadi.

Namun aplikasi SINAR terus dibenahi, pengalaman kami saat dijajal kembali pada Kamis (10/6) masalah OTP tersebut tak dialami, kemudian verifikasi wajah untuk KTP juga berhasil. Pendaftaran pun terbilang lancar.

Aplikasi SinarPendaftaran aplikasi Sinar Foto: Ridwan Arifin

Pembenahan aplikasi tersebut juga turut membuat rating aplikasi naik menjadi 3.4. Beberapa komentar juga menyatakan berhasil mendapatkan SIM, namun masih terdapat juga yang mengeluhkan masalah lain.

"Mohon maaf saya lelah utk tahap verifikasi wajah utk ktp, ngangguk2, mangap2, geleng2, kedip2. Sudah lebih di sepuluh kali saya coba tetap dapat notif "gagal". Padahal tempat terang, kamera jg jelas. Mohon bantuannya, saya memilih pakai aplikasi karena saya rasa ini bagus, ternyata harus offline jg," komen Bahtiar Adrian.

Kepala Sub Direktorat SIM Direktorat Registrasi dan Identifikasi (Ditregident) Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri Kombes Tri Julianto Djati Utomo mengatakan aplikasi Digital Korlantas mengalami pembaruan. Termasuk pada 14 Juni 2021 sudah bisa diakses untuk sistem iOS.

"Sudah diperbaiki yang kurang-kurang. (Rating) sudah naik karena masyarakat makin percaya dengan yang online karena lebih mudah dan cepat," kata Djati saat dihubungi detikOto.

Dalam data yang disampaikan Korlantas, sebanyak 24.076 orang mendaftar dan melakukan pembayaran melalui aplikasi SINAR sepanjang 13 April hingga 9 Juni 2021. "Produksi SIM 20.660 entry," kata Djati



Simak Video "Ujian SIM Gagal Terus? Jangan Galau, Sekarang Ada 'Bimbel'-nya"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)