Perjalanan Drive Thru yang Dipakai Buat Beli McD BTS Meal

Tim detikcom - detikOto
Kamis, 10 Jun 2021 14:34 WIB
drive thru mcd
Ilustrasi Drive Thru McD Foto: Istimewa
Jakarta -

BTS Meal yang digelar McDonald's bikin heboh. Sebagai informasi BTS Meal hanya tersedia di layanan drive thru McDonald's Indonesia atau memesan lewat aplikasi online. Konsep drive thru ternyata punya cerita panjang nih, simak yuk!

Drive thru atau nama lengkapnya drive through merupakan konsep di mana konsumen melakukan pesanan tanpa perlu turun dari mobil. Ini merupakan salah satu inovasi di bidang pelayanan makan.

Dikutip dari History, Kamis (10/6/2021) perjalanan drive thru memiliki hubungan dengan konsep drive-in. Sebuah konsep di mana pengunjung dilayani saat parkir, dan makan di dalam mobil.

Dicuplik Foxnews, pelayanan drive in pertama kali diterapkan oleh restoran "Pig Stand", Texas pada tahun 1921. Konsumen memarkir mobilnya, lalu carhop --pelayanan drive in akan menyajikan burger, dan kentang goreng langsung ke mobil mereka. Pig Stand kemudian memberikan pelayanan lain yakni mengemas makanan untuk dibawa pulang mulai tahun 1931, layanan ini kemudian berevolusi menjadi drive thru.

Namun digadang-gadang pelayanan drive thru di makanan benar-benar diterapkan oleh Red's Giant Hamburg di Missouri, Amerika Serikat pada tahun 1947. Sementara pada tahun 1940-an dan 1950 an, Mc Donald's belum menerapkan layanan drive thru. Resto cepat saji itu malah memelopori layanan "Speede Service System", pelayanan di mana konsumen memesan dengan cepat tanpa perlu lama mengantre.

Popularitas drive thru memiliki dampak besar pada industri makanan cepat saji, dan tidak hanya pada bagaimana tempat parkir dirancang. Restoran yang ingin melayani kerumunan mobil mulai fokus pada makanan yang mudah dimakan seperti burger dan potongan ayam tanpa tulang.

Well, pada akhirnya Mc Donald's memiliki layanan drive thru pertamanya di wilayah Sierra Vista, Arizona pada tahun 1975. Bersama dengan Burger King, dan hampir tiga dekade setelah Red's Giant Hamburg pertama kali meluncurkan versi awal konsep drive thru.

Ternyata drive thru tidak hanya mengubah cara orang makan, tetapi juga memengaruhi desain mobil itu sendiri. Sebelum drive thru ada, mobil jarang dirancang atau diproduksi dengan cup holder atau pemegang cangkir. Pada 1980-an, cup holder dianggap sebagai fitur yang harus dimiliki di setiap mobil.



Simak Video "Kehebohan BTS Meal di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)