Inden Mobil Berbulan-bulan, Diskon PPnBM Bakal Diperpanjang?

M Luthfi Andika - detikOto
Kamis, 10 Jun 2021 08:02 WIB
Toyota selama ini memang sudah mengekspor beberapa unit andalan seperti Innova dan Fortuner ke berbagai negara. Negara tujuan ekspor kian bertambah.
Pabrik Toyota TMMIN Foto: TMMIN
Jakarta -

Beberapa dealer yang disambangi detikOto mengatakan pasokan unit kendaraan baru tersendat yang membuat konsumen harus rela menunggu. Bahkan beberapa konsumen yang berharap mendapatkan bebas pajak PPnBM, harus rela hanya mendapatkan diskon 50 persen.

Lalu mungkinkah diskon pajak PPnBM diperpanjang hingga tahun depan? Ketua Umum Gaikindo, Yohannes Nangoi kepada detikOto menjelaskan hal tersebut dikembalikan ke pemerintah, karena memang bukan menjadi ranah Gaikindo.

"PPnBM diperpanjang kembali? Itu ada di ranah pemerintah, sebetulnya tujuan insentif ini agar animo masyarakat naik (keinginan memiliki kendaraan). Nah kalau animonya besar saya tidak mengerti apakah pemerintah mau memberikannya lagi atau tidak," kata Nangoi.

Meski demikian bukan berarti Gaikindo tidak memberi masukan kepada pemerintah akan kelanjutan insentif PPnBM ini. "Memang beberapa kali kami bicara tapi kami belum bisa bicara apa-apa," Nangoi menambahkan.

Soalnya lanjut Nangoi, fokus industri otomotif saat ini bagaimana memulihkan produksi kendaraan dan memenuhi semua kebutuhan konsumen.

"Karena kami tengah konsentrasi bagaimana pabrikan-pabrikan bisa meningkatkan produksi agar bisa memenuhi kebutuhan masyarakat tersebut," kata Nangoi.

Seperti diketahui, diskon PPnBM berlaku untuk mobil baru dengan kapasitas mesin sampai dengan 1.500 cc. Diskon PPnBM sudah berlaku sejak Maret 2021 dengan diskon 100%, dilanjutkan Juni-Agustus dengan diskon 50% dan sampai akhir tahun dikenakan diskon PPnBM 25%.

Selain mobil di bawah 1.500 cc yang mendapat relaksasi PPnBM, pemerintah memperluas cakupan diskon PPnBM untuk kendaraan berkapasitas mesin 1.501 cc-2.500 cc. Ada dua skema dalam program ini.

Pertama, kendaraan 4x2 dapat diskon PPnBM 50% untuk tahap I antara April-Agustus 2021 dan diskon 25% pada bulan September-Desember 2021. Kedua, kendaraan 4x4 dapat diskon 25% antara April-Agustus 2021 dan diskon 12,5% pada September-Desember 2021.



Simak Video "KuTips: Cara Cermat Berburu Mobil Baru saat Diskon PPnBM"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/rgr)