Daftar Bus Double Glass di Indonesia, Mana Favorit Kamu?

Luthfi Anshori - detikOto
Minggu, 06 Jun 2021 09:22 WIB
Bus double glass Adiputro Jetbus 3+ SHD
Foto: Adiputro. Bus double glass Adiputro Jetbus 3+ SHD.
Jakarta -

Bus double glass kali pertama hadir di Indonesia pada 2015 yang dipelopori karoseri Adiputro. Kemudian sejak tahun 2016 hingga saat ini, tren bus double glass semakin berkembang. Buktinya, hampir sebagian besar perusahaan pembuat bodi bus (karoseri) di Indonesia berlomba-lomba membuat bodi dengan kaca depan ganda berpenyekat horizontal.

Setidaknya ada lima karoseri aktif yang memiliki produk bus double glass yang beredar di Indonesia. Berikut daftar bus double glass di Indonesia:

Bus double glass Adiputro Jetbus 3+ SHDBus double glass Adiputro Jetbus 3+ SHD Foto: Adiputro

1. Adiputro

Seperti dikutip dari situs resmi Adiputro, karoseri asal Malang, Jawa Timur ini memiliki tiga varian bus double glass, yakni Jetbus 3+ SHD (Super High Decker), Jetbus 3+ HDD (High Decker Double Glass), dan Jetbus 3+ MD (Medium Decker).

Secara dimensi, Jetbus 3+ SHD memiliki dimensi lebar 2,5 meter, panjang 12 meter, dan tinggi 3,85 meter. Bus ini memiliki 48-59 kursi dan bagasi di lambungnya cukup besar, sehingga bisa untuk menampung sepeda motor bebek atau matik kecil.

Sementara Jetbus 3+ HDD panjangnya 12 meter, lebar 2,5 meter, dan tingginya 3,7 meter. Sedangkan Jetbus 3+ MD memiliki lebar 2,3 meter, panjang 10 meter, dan tinggi 3,4 meter. Bus jenis MD punya kapasitas penumpang 29-39 kursi.

PT Putera Mulya Sejahtera menambah armada busnya sebanyak 12 unit pada akhir tahun lalu.Bus PO Putera Mulya yang menggunakan double glass buatan Laksana Foto: Putera Mulya Sejahtera

2. Laksana

Lanjut ke bus Laksana, karoseri asal Ungaran, Jawa Tengah ini menawarkan tiga varian bus double glass, di antaranya New Discovery, Legacy SR2 HD Prime, dan Legacy SR2 XHD Prime.

Varian Laksana Discovery dikhususkan untuk bus-bus yang posisi mesinnya terletak di depan. Bus double glass versi ekonomi ini memiliki panjang 13 meter, lebar 2,5 meter, dan tinggi 3,42 meter.

Sementara Legacy SR2 HD Prime memiliki panjang 12 meter, lebar 2,5 meter, dan tinggi 3,7 meter. Kemudian model Legacy SR2 XHD Prime memiliki panjang 12,8 meter, lebar 2,5 meter, dan tinggi 3,8 meter. Varian XHD ini juga memiliki bagasi yang luas, jadi di lambungnya bisa menampung beberapa motor.

Bus double glass Tentrem Avante H9Bus double glass Tentrem Avante H9 Foto: Tentrem

3. Tentrem

Karoseri Tentrem juga memiliki model bus double glass yang beragam, mulai dari Max HDD, Avante H7, hingga yang terbaru Avante H9. Dibandingkan dengan bus double glass lainnya, bus double glass buatan Tentrem dianggap memiliki desain kaca depan yang paling ramah penumpang. Sebab sekat kaca dibuat tipis dan pandangan mata penumpang tidak terhalang sekat.

Tentrem Max HDD merupakan varian bus bermesin depan yang bisa mengadopsi kaca ganda. Panjang bus ini bisa mencapai 13,5 meter, lebar 2,5 meter, dan tinggi 4 meteran. Dan ternyata, baik tipe H7 maupun H9 memiliki dimensi yang kurang lebih mirip-mirip.

Khusus varian terbaru Avante H9, merupakan model bus single deck paling premium dari karoseri Tentrem. Bus ini diklaim minim getaran dan juga memiliki daya angkut mumpuni karena bisa membawa sepeda motor di bagasinya.

Bus double glass New Armada Evolander SHDBus double glass New Armada Evolander SHD Foto: New Armada

4. New Armada

Karoseri asal Magelang ini memiliki dua bus high decker dengan konsep kaca ganda, yakni Skylander HDD dan Evolander SHD. Untuk model Skylander HDD memang tidak dijelaskan secara detail informasinya di situs resmi New Armada. Namun untuk Evolander SHD, infonya cukup lengkap.

Dijelaskan bahwa New Armada Evolander SHD bisa mengadospi berbagai tipe sasis, dari Mercedes-Benz OC 500 RF 2542, Mercy 1836, Hino R260, Hino R235, dan Hino A215. Bus ini dirancang untuk stabilitas dan kenyamanan perjalanan jarak jauh.

Bus double glass Morodadi Prima TourismoBus double glass Morodadi Prima Tourismo Foto: Morodadi Prima

5. Morodadi Prima

Morodadi Prima memiliki beberapa model bus double glass, seperti Tourismo, MedBus Patriot, Ventura, dan New Patriot.

Kendati cukup lekat dengan produk-produk bus double glass-nya, karoseri Morodadi Prima mulai merambah lagi pasar bus dengan kaca single.

Baru-baru ini, Morodadi Prima, merilis bus kaca tunggal untuk PO asal Sumatra, PO ANS.



Simak Video " Kenalan dengan Bus Double Glass yang Diminati PO- penumpang"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)