Honda Update Pesawat Jet Larisnya Seharga Rp 71 Miliar, Makin Canggih dan Efisien

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Jumat, 28 Mei 2021 18:57 WIB
HondaJet Elite S
HondaJet Elite S (Honda)
Jakarta -

Honda meluncurkan sebuah pesawat tipe terbaru yakni HondaJet Elite S. Seharga Rp 70-an miliar, pesawat jet ini mengusung teknologi yang semakin canggih dengan sejumlah pembaruan disematkan di dalamnya.

Honda Aircraft Company membawa beberapa peningkatan pada pesawat terbarunya. Dibandingkan seri sebelumnya, tipe Elite S ini diklaim lebih unggul. Di antaranya dalam efisiensi bahan bakar, jarak tempuh lebih jauh, dan bagasi yang makin luas.

Dikutip dari Auto Blog, Honda Elite S mampu membawa beban 90kg lebih berat saat takeoff dibanding pendahulunya. Dengan tambahan 90kg tersebut HondaJet Elite S bisa membawa kargo atau penumpang yang lebih banyak. Atau bisa juga dialokasikan untuk membawa bahan bakar lebih, dengan tambahan jarak yang lumayan jauh, mencapai 222 km..

Pihak Honda mengatakan jika pesawat Elite S diklaim dapat diterbangkan lebih mudah berkat sejumlah fitur unggulan yang dimilikinya. Salah satu teknologi baru yang disematkan adalah Advanced Steering Augmentation System (ASAS), nantinya beban kerja pilot akan semakin berkurang saat take-off dan landing, serta penerbangan yang lebih mulus di berbagai kondisi cuaca.

Ada juga sejumlah teknologi lain seperti Electronic Stability and Protection, di mana pesawat akan dikendalikan secara otomatis oleh sistem jika pilot mengalami kesulitan. Fitur lainnya seperti Under-Speed Protection agar pesawat tak melebihi batas kecepatan dan Coupled Go-Around yaitu beban pesawat akan berkurang jika gagal mendarat di landasan.

Pada tampilan eksterior tidak ada perubahan yang mencolok, tipe Elite S masih mengusung Over-The-Wing Engine Mount (OTWEM) yang unik, hidung dan sayap Natural Laminar Flow (NLF), dan badan pesawat komposit. Pesawat ini juga didukung oleh GE Honda Aero Engines HF120.

Dimensi pesawatnya pun masih sama persis dengan seri Elite generasi pertama yang memiliki ukuran panjang 12,9 m x lebar sayap 12,12 m x tinggi 4,54 meter. Sedangkan interiornya memiliki ukuran panjang 5,43 meter x lebar 1,52 meter x tinggi 1,47 meter.

Tidak ada perubahan signifikan pada interiornya, posisi kursi masih dibuat dua dan saling berhadapan dengan kapasitas mencapai lima penumpang. Hanya saja kursi di pesawat Elite S dibalut kulit, membuatnya lebih mewah dan elegan.

Honda mengklaim pesawat miliknya ini menjadi jet tercepat dengan jarak tempuh terjauh sekitar 1.437 mil dan mampu meraih ketinggian udara tertinggi di kelasnya. Pesawat ini memiliki kecepatan tertinggi 422 knots atau 781 km/jam di ketinggian 30.000 kaki. Sedangkan jarak tempuhnya mencapai 1.437 nautical miles.

Honda membawa tiga varian warna baru pada seri Elite S yakni Gunmetal, Deep Sea Blue, dan Luxe Gold. Sebagai alternatif, calon pembeli bisa meminta warna cat khusus sebanyak satu kali.

HondaJet Elite S sudah bisa dipesan melalui situs resminya, namun Honda belum membeberkan harga pesawat ini. Diperkirakan tipe Elite S dibanderol lebih dari USD 5 juta atau sekitar Rp 71,5 miliar, harga bisa makin bertambah sesuai keinginan konsumen dari warna serta konfigurasi interiornya.



Simak Video "Honda Luncurkan Honda City Hatchback Hybrid, Cuma Rp 380 Jutaan"
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)