Mobil Anggota DPR Pakai Pelat Khusus Dikritik: Tak Ada Hubungan dengan Tugasnya

Tim detikcom - detikOto
Kamis, 20 Mei 2021 16:50 WIB
Mobil Pakai Pelat Khusus DPR
Pelat nomor anggota DPR. Foto: Instagram @cetul222
Jakarta -

Anggota DPR RI bisa menggunakan pelat nomor khusus pada kendaraan yang dipakai. Saat ini pelat nomor khusus anggota DPR sudah mulai digunakan.

Jika dilihat dari foto yang beredar, pelat nomor khusus anggota DPR ini memiliki warna dasar hitam di kolom angka disertai logo DPR dengan latar warna silver di bagian kiri.

Namun, penggunaan pelat nomor khusus anggota DPR ini menuai kritik. Pengamat lalu lintas sekaligus Ketua Presidium Indonesia Traffic Watch (ITW), Edison Siahaan, menyebut tak ada urgensinya anggota DPR menggunakan pelat nomor tersebut.

"Tidak ada alasan yang urgent sehingga DPR harus menggunakan pelat kendaraan khusus, selain hanya untuk menghindar dari tindakan petugas saat melanggar aturan lalu lintas. Apalagi sekarang sistem penilangan sudah menggunakan sistem ETLE (tilang elektronik)," kata Edison kepada detikcom, Kamis (20/5/2021).

Edison melanjutkan, seharusnya anggota DPR menjadi duta ketertiban dan keselamatan lalu lintas yang kemudian ditularkan kepada masyarakat di wilayah pemilihannya.

Sebelumnya, dalam Surat Telegram Kapolri yang dilihat detikOto, diinformasikan bahwa Sekjen DPR RI telah menerbitkan Peraturan Sekjen DPR RI No. 4 Tahun 2021 tentang Penerbitan dan Penggunaan STNK dan TNKB Khusus Bagi Pimpinan dan Anggota DPR RI untuk Memberikan Identitas Khusus dan Pengamanan Ranmor Pimpinan dan Anggota DPR RI untuk Kelancaran Pelaksanaan Giat Konstitusional.

Namun, Edison tak setuju jika pelat nomor khusus anggota DPR itu untuk menunjukkan identitas sebagai kendaraan anggota DPR.

"Orang akan tahu siapa dia dari kinerja. DPR itu wakil rakyat kok minta lebih dari bosnya yaitu rakyat?" kritik Edison.

"Mereka sudah punya hak-hak istimewa seperti angket dan lain-lain. Pelat nomor kendaraan juga mau, luar biasa biar bebas melanggar rambu-rambu," katanya.

"Meminta atau mendapatkan dan menggunakan pelat nomor kendaraan khusus tidak ada relevansinya dengan tugas dan tanggung jawabnya sebagai wakil rakyat. Untuk itu Polri jangan mau ditekan secara politik hanya untuk memenuhi keinginan para anggota DPR yang ingin gagah-gagahan di jalan raya," sebut Edison



Simak Video "Penampakan Pelat Khusus Mobil Anggota DPR RI"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)