Ogah Pensiun, Sopir Truk Tertua Berusia 89 Tahun Masih Mengaspal

Ridwan Arifin - detikOto
Minggu, 09 Mei 2021 13:50 WIB
Sopir Truk Tertua Berusia 89 Tahun
Foto: Istimewa. Sopir truk tertua berusia 89 tahun.
Salt Lake City -

Saat usia memasuki umur lebih dari setengah abad, sebagian orang memilih pensiun. Tapi tidak bagi Dave Sheet, pria berusia 89 tahun ini masih melanjutkan profesinya sebagai sopir truk komersial.

Kakek berusia 89 tahun itu sudah bekerja selama 25 tahun untuk perusahaan angkutan truk di area Salt Lake City, Savannah Transport, dan dan sering disebut sebagai sopir truk tertua di Amerika Serikat.

Seperti dikutip Autoblog, Minggu (9/5/2021) bosnya, pemilik perusahaan Terry Crawford, memanggilnya "sopir truk tua yang hebat" yang dapat mengalahkan sebagian besar sopir yang lebih muda dari Dave Sheet.

Baru-baru ini North Dakota Highway Patrol memuji Dave Sheet. Ia disebut sebagai sopir truk tua yang bertanggung jawab akan keselamatan jalan.

Dave Sheet bisa menjaga truk gede Peterbilt 2000 miliknya dalam kondisi yang apik. Tak hanya itu, meski sudah menempuh jutaan mil bersama truknya, Sheet tetap berpatisipasi dalam International Roadcheck, acara tahunan ketika inspektur bersertifikat melakukan penyuluhan kepatuhan, penegakan hukum, dan pendidikan yang ditargetkan pada keselamatan operator, kendaraan, dan pengemudi.

Dave Sheet mengatakan mulai mengemudikan truk pada 1950-an. Dia sempat keluar dari jalan raya dan bekerja sebagai mekanik Volkswagen.

Kemudian kembali ke dunia truk pada tahun 1974 dan telah bekerja di sana sejak saat itu. Berapa mil jarak yang sudah ditempuh? "Jutaan," kata Dave Sheet.

Istrinya, Ardelle, meninggal pada 2016 hanya beberapa hari sebelum ulang tahun pernikahan ke-64 mereka. Jadi, Dave mengatakan tidak perlu terlalu sering di rumah, dan dia berharap untuk terus mengemudi. Dia akan berusia 89 tahun pada bulan Agustus.

Umur hanyalah soal angka, dia mengatakan akan terus melanjutkan perjalanan selama kesehatannya memungkinkan.

"Selama saya bisa lulus medis dan fisik, saya berniat untuk terus melakukannya," tutur dia.

Ketika ditanya nasihat apa yang akan dia berikan kepada pengemudi yang lebih muda, Sheets mengatakan, "Dengarkan seseorang yang lebih tua yang tahu apa yang mereka lakukan, dapatkan banyak pengalaman, hati-hati dan hormatilah. Beberapa dari orang-orang baru ini tampaknya kekurangan hal-hal semacam itu."



Simak Video "Detik-detik Penangkapan Preman Pemalak Sopir Truk di Garut!"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/rgr)