Moeldoko Bikin Periklindo, Begini Tanggapan Gaikindo

Luthfi Anshori - detikOto
Senin, 26 Apr 2021 18:19 WIB
Periklindo resmi didirikan di Jakarta pada Minggu 25/4/2021
Periklindo resmi didirikan di Jakarta, Minggu (25/4/2021). Foto: Luthfi Anshori/detikOto
Jakarta -

Founder bus listrik MAB (Mobil Anak Bangsa), Moeldoko, bersama dengan Wuling Motors dan DFSK mendirikan sebuah asosiasi baru bernama Periklindo atau Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia. Lalu seperti apa tanggapan Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia)?

Periklindo resmi dideklarasikan di arena IIMS 2021, JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Minggu (25/4/2021). Asosiasi ini akan fokus menampung kepentingan para pelaku industri kendaraan listrik di Indonesia.

Pengurus inti Periklindo terdiri dari Ketua Umum Moeldoko, Sekretaris Jenderal Tenggono Chuandra Phoa dari Wuling Motors Indonesia, dan Bendahara oleh Cing Hok dari DFSK.

Kukuh KumaraSekretaris Umum Gaikindo, Kukuh Kumara Foto: Ari Saputra

Sekretaris Umum Gaikindo, Kukuh Kumara, menyambut positif terbentuknya asosiasi ini. Menurut Kukuh, Periklindo bisa lebih fokus menampung aspirasi pelaku industri kendaraan listrik di Indonesia.

"Bagus lah, mereka kan fokus di kendaraan listrik ya. Dari sepeda listrik, motor, mobil, sampai segala macam ya. Artinya, kalau (Periklindo) ini ada mudah-mudahan dapat mempercepat terwujudnya mobil listrik atau kendaraan listrik Indonesia. Kita senang aja. (Nggak ada masalah) karena mereka kan fokus di kendaraan listrik ya," kata Kukuh, melalui sambungan telepon kepada detikOto, Senin (26/4/2021).

Gaikindo sendiri sebenarnya juga memiliki divisi yang mengurus kendaraan dengan teknologi alternatif, yang dinamakan Kompartemen Teknologi Otomotif Masa Depan.

"Kita punya kompartemen kendaraan masa depan, itu (ngurus) bermacam-macam, misalnya flexy (biofuel), ada yang bahan bakar nabati, dan mencakup semua, dan termasuk hidrogen juga ada," sambung Kukuh.

Kukuh juga memastikan jika Gaikindo tidak dilangkahi kewenangannya, seiring terbentuknya Periklindo. "Nggak (merasa dilangkahi) ya. (Malah) semakin senang, kan (artinya jadi makin) banyak yang terlibat ya," bilang Kukuh.

Lalu bagaimana jika ada anggota Gaikindo yang bergabung ke Periklindo sebagai produsen kendaraan listrik? "Ya itu masalah keanggotaan beda ya. Kan bisa aja orang ke sana (Periklindo) ya," tukas Kukuh.



Simak Video "Xpander Sikut Avanza! Ini Daftar Mobil Terlaris di Mei 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/lth)