Sudah Ada Gaikindo, Kenapa Moeldoko Bikin Periklindo?

Luthfi Anshori - detikOto
Senin, 26 Apr 2021 07:44 WIB
Periklindo resmi didirikan di Jakarta pada Minggu 25/4/2021
Foto: Luthfi Anshori/detikOto. Periklindo resmi didirikan di Jakarta pada Minggu 25/4/2021.
Jakarta -

Tanggal 25 April 2021 menjadi momen kelahiran asosiasi otomotif baru di Indonesia. Periklindo (Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia) hadir sebagai wadah yang menampung kepentingan para pelaku industri kendaraan listrik di Indonesia. Asosiasi ini didirikan oleh MAB (Mobil Anak Bangsa), Wuling Motors, dan DFSK. Tentu hal ini menjadi pertanyaan serius, sebab sebelumnya sudah ada Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) sebagai wadah bagi para produsen mobil dan kendaraan komersial di Indonesia. Apakah nantinya tidak tumpang tindih?

Seperti dijelaskan Public Relation Periklindo, Ahmad Rofiqi, nantinya Periklindo tak terbatas hanya pada kendaraan roda empat. Asosiasi ini juga akan mengakomodasi kepentingan para produsen sepeda motor listrik, sepeda listrik, bahkan hingga industri pendukungnya.

"Kenapa kita putuskan mendirikan Periklindo? Jadi ini adalah wadah untuk industri. Jadi industri (kendaraan listrik) ini nggak terbatas antar roda dua, roda empat, commercial, truck, bus, bahkan sampai Pak Moel juga bilang sepeda (listrik) dan juga industri pendukung. Ini akan sangat lebar," kata Rofiqi, kepada wartawan, di arena JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Minggu (25/4/2021).

"(Industri pendukung yang dimaksud) baterai, vendor untuk charging station, bahkan sampai listriknya sendiri itu masuk industri. Sekarang kan ada PLN, nanti ke depannya kita nggak tahu apakah ada swasta yang terlibat. Jadi semua industri pendukung yang kita arahkan untuk bergabung di Periklindo ini," sambung Rofiqi.

Menurut Rofiqi, keputusan untuk tidak menggabungkan diri ke asosiasi yang sudah ada seperti Gaikindo, itu karena industri kendaraan listrik punya pasar tersendiri. Tidak hanya mencakup kepentingan para Agen Pemegang Merek, tapi juga industri penyokongnya.

"Jadi kenapa nggak gabung (ke asosiasi yang sudah ada), karena kita (Periklindo) fokus di listrik dan itu industri. Bukan kita ngomongin masalah ATPM-nya aja," jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Moeldoko bersama beberapa Agen Pemegang Merek roda empat resmi mendirikan Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia atau disingkat Periklindo, di arena IIMS 2021. Moeldoko juga ditetapkan sebagai Ketua Umum Periklindo.

"Sebagai pemilik produk (bus listrik) MAB, saya bersepakat dengan teman-teman yang sekarang aktif di industri mobil listrik, berkumpul dan beberapa kali bertemu untuk memikirkan masa depan dari perkumpulan industri kendaraan mobil listrik," buka Moeldoko, di booth Wuling IIMS 2021, di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Minggu (25/4/2021).

"Dan kita semuanya sekarang bersatu padu mendirikan sebuah persatuan yang namanya adalah Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia atau Periklindo. Atas dukungan dan kerja sama semuanya mari bersama-sama kita membangun mobil listrik di Indonesia," sambung Moeldoko.



Simak Video "Xpander Sikut Avanza! Ini Daftar Mobil Terlaris di Mei 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/rgr)