Asyik! Ada Diskon Pajak Mobil-Motor di Wilayah Ini, Denda Telat Dihapus

Tim detikcom - detikOto
Selasa, 20 Apr 2021 07:48 WIB
Petugas Samsat Jakarta Pusat saat melayani perpanjangan pajak kendaraan bermotor di Pelayanan Gerai Samsat, Thamrin City, Jakarta Pusat, Sabtu (27/06/2015). Pelayanan di gerai samsat pada akhir pekan ini dalam rangka Bulan Bhakti Pelayanan Prima memperingati HUT Bhayangkara ke 69 pada 1 Juli 2015 dan sekaligus menyikapi kebijakan pemrov DKI Jakarta terkait pembebasan denda pajak atau pemutihan yang dilakukan dalam rangka HUT DKI Jakarta. Grandyos Zafna/detikcom
Pemerintah Provinsi Jawa Timur memberlakukan diskon pajak kendaraan bermotor. Foto: Grandyos Zafna
Surabaya -

Selama bulan Ramadhan ini bisa dimanfaatkan pemilik kendaraan bermotor untuk melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor (PKB). Soalnya, di wilayah ini ada program diskon pajak kendaraan bermotor (PKB) untuk pemilik sepeda motor maupun mobil selama Ramadhan 1442 H.

Pemerintah Provinsi Jawa Timur memberikan diskon PKB tersebut selama Ramadhan. Menurut Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, program ini bakal memberikan keringanan bagi wajib pajak.

"Insentif pajak 'Diskon Ramadhan' ini memberikan keringanan bagi masyarakat di tengah suasana pandemi COVID-19 yang belum berakhir," ujar Khofifah seperti dikutip Antara.

Diskon pajak ini diberikan mulai 20 April 2021 sampai 24 Juni 2021. Pajak kendaraan roda dua dan roda tiga didiskon sebesar 15 persen, sementara roda empat atau lebih diberikan diskon sebesar 5%.

Buat pemilik kendaraan yang telat bayar pajak, Pemprov Jatim juga membebaskan sanksi administratif PKB dan bea balik nama kendaraan bermotor (BBN-KB).

"Pada tahun lalu telah memberikan insentif pajak berupa Diskon Corona. Antusiasme wajib pajak cukup besar, dan itu artinya banyak warga yang telah terbantu dengan pemberian diskon tersebut," ucapnya.

"Bagi masyarakat Jatim pada bulan Januari sampai Maret kemarin belum bayar pajak, silakan bayar pada bulan Ramadhan ini. Insyaallah, selain berkah, juga dapat diskon dan hilang dendanya," katanya.

Tidak hanya wajib pajak yang sudah lewat jatuh tempo, Diskon Ramadan ini juga berlaku bagi wajib pajak yang belum jatuh tempo hingga akhir Desember 2021.

"Jadi, wajib pajak yang ingin membayar pajak lebih awal juga berhak menikmati potongan Diskon Ramadan ini," katanya.

Selain itu, Pemprov Jawa Timur juga membebaskan pokok PKB untuk kendaraan listrik berbasis baterai baru maupun lama. Kebijakan ini sekaligus melengkapi kebijakan pemerintah pusat yang memberikan insentif untuk kendaraan listrik.



Simak Video "Mulai Rp 140 Jutaan, Ini Daftar Harga Mobil LMPV Baru "
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)