Penyekatan Berlapis, Masyarakat Diingatkan Jangan Coba-coba Mudik

Tim detikcom - detikOto
Selasa, 13 Apr 2021 18:43 WIB
Personel gabungan melakukan penyekatan kendaraan yang memasuki Jawa Timur. Penyekatan itu untuk menghadang pemudik kembali ke daerah asalnya.
Penyekatan pemudik tahun ini akan lebih berlapis. Mungkin pemudik bisa lolos, tapi akan ada titik penyekatan lainnya di depan. Foto: Agung Mardika
Jakarta -

Pemerintah melarang mudik Lebaran tahun ini. Polri akan membangun titik-titik penyekatan untuk mencegah pemudik yang ingin pulang kampung.

Menurut Brigjen Pol. Roma Hutajulu, Kepala Biro Pembinaan Operasi Sops Polri, penyekatan pemudik tahun ini lebih berlapis. Dia menyampaikan, untuk penyekatan pemudik tahun ini pihaknya akan menerapkan cara yang lebih efektif.

"Tahun ini kita ubah ubah CB (cara bertindak) dan polanya untuk mengambil titik-titik penyekatan yang lebih banyak," kata Brigjen Pol. Roma Hutajulu, kemarin.

Roma menuturkan, pihaknya menyiapkan 333 titik penyekatan pemudik yang tersebar dari Lampung sampai ke Bali. Berbeda dengan tahun lalu, penyekatan pemudik tahun ini lebih berlapis.

"Mungkin begitu keluar dari Jakarta, ataupun perbatasan tol antara Jakarta kota dengan Bekasi, kemudian Bekasi masuk ke Karawag, begitu juga nanti Karawang-Cikampek dan seterusnya kita bagi beberapa titik penyekatan. Kalau lolos dari satu titik, masih disambung titik berikutnya. Tahun lalu memang full kekuatan di Cikarang Barat," ucapnya.

"Karena di satu sisi, kita juga mengantisipasi begitu putar balik keluar tol, mereka lewat jalan non-tol," sambungnya.

Roma menyatakan, tahun ini penyekatan pemudik tidak hanya fokus di jalan tol, tapi juga intensif dilakukan di jalan-jalan non-tol. "Dan memperbanyak titik-titik penyekatan mungkin dari Jakarta keluar sampai perbatasan Jawa Tengah, pebatasan Jawa Timur dan sebagainya, begitu juga ke arah barat," ucapnya.

Sementara itu, dari wilayah Jakarta sendiri terdapat beberapa titik penyekatan pemudik. Ditlantas Polda Metro Jaya menyiapkan delapan titik penyekatan saat larangan mudik Lebaran 2021. Berikut delapan lokasi penyekatan pemudik keluar Jakarta:

Jalan Tol 2 lokasi:
Tol Arah Cikampek
Tol Arah Merak

Jalan Arteri Non Tol 3 lokasi:
Harapan Indah Bekasi Kota
Jati Uwung Tangerang Kota
Kedung Waringin Bekasi Kabupaten

Terminal Bus 3 lokasi:
Pulogebang
Kampung Rambutan
Kalideres.



Simak Video "Dilema Korlantas soal Boleh atau Tidaknya Mudik Sebelum 6 Mei"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)