Bus Buatan Pabrik Mobnas Vietnam Bersiap Mengaspal di Jalan

Ridwan Arifin - detikOto
Jumat, 09 Apr 2021 18:47 WIB
VinBus
Bus listrik VinFast Foto: VinBus
Jakarta -

Pabrikan mobil nasional asal Vietnam, VinFast, tak hanya produksi mobil. Kini mereka memperluas modelnya dengan memproduksi bus listrik. Disebut-sebut sebagai bus listrik pintar pertama di Vietnam.

Dalam keterangan resmi yang diterima detikcom, Jumat (9/4/2021) VinBus Ecology Transport Services secara resmi membuka dan mengoperasikan bus listrik pintar pertama di Vietnam. Jalur bus listrik pertama ini akan beroperasi di Vinhomes Ocean Park (Gia Lam) sambil menunggu penyelesaian prosedur untuk terhubung dengan sistem transportasi penumpang umum kota di waktu mendatang.

VinBus adalah model bus listrik yang diproduksi dan dirakit oleh VinFast di Hai Phong, lokasinya sama dengan produksi mobil. Untuk diketahui, pabrik tersebut menerapkan teknologi canggih. Robot yang bekerja secara otomatis dipakai di dalam pabrik dengan standar industri 4.0 tersebut. Sistem produksinya saling terhubung dan mampu beroperasi sendiri sesuai dengan yang sudah diprogram.

Pabrik VinFast ini tak cuma memproduksi mobil, tapi juga termasuk motor listrik. Pabrik ini berdiri di lahan seluas 335 hektar.

Peluncuran bus ini disebut sebagai investasi dan pengembangan ekosistem VinFast dalam sarana transportasi cerdas dengan menggunakan energi hijau, dan ramah lingkungan.

VinBusVinBus Foto: VinBus

Sebagai mobil listrik pintar, Bus dilengkapi dengan sistem otomatis yang mengontrol perilaku pengemudi dan memperingatkan bahaya yang tidak aman. Lalu ada mode penurunan otomatis dari bodywork cocok untuk orang tua, anak-anak, disabilitas, dan wanita hamil.

VinBus memiliki baterai berkapasitas 281 kWh, mampu berjalan hingga 220 - 260km. Bus dapat dengan cepat terisi penuh hanya dalam waktu 2 jam di sistem stasiun pengisian cepat 150kW milik VinBus.

Bus VinBus akan dikelola dan dioperasikan secara cerdas melalui pemantauan terpusat, pengisian daya, inspeksi keselamatan, pemeliharaan, perbaikan, dan pembersihan otomatis di depot atau pool bus.

Standar konstruksi depot berada di lahan seluas 1 hektar, atapnya dilengkapi dengan panel surya, memastikan pasokan energi untuk kegiatan di pool bus.

"Kami percaya bahwa produk bus listrik VinBus yang modern, cerdas, aman dan layanan berdedikasi VinBus akan membuat perbedaan, tidak hanya meningkatkan pengalaman perjalanan orang-orang; tetapi juga mengubah komunitas kebiasaan bepergian, sehingga mengurangi polusi udara dan suara, berkontribusi pada penciptaan lalu lintas hijau di Vietnam "- kata Tuan Nguyen Van Thanh, Wakil Direktur Jenderal VinBus.



Simak Video "Transjakarta Mulai Uji Coba Bus Listrik Selama 3 Bulan"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)